Beranda Berita Utama

Mencekam! Detik-detik Gunung Fuego Meletus Dahsyat, Sudah 25 Orang Meninggal

Gunung Fuego di Guatemala, Amerika Tengah, saat meletus dahsyat Senin (4/6/2018).

RADAR BOGOR-Gunung Fuego di Guatemala, Amerika Tengah, meletus dahsyat pada Senin, 4 Juni 2018.

Media lokal setempat, tribunanoticias melaporkan, letusan kali ini benar-benar mengerikan. Suara dentuman keras terdengar terus-menerus.

Saat bersamaan, dari kawah menyembur material abu vulkanik berwarna abu-abu kehitaman. Tampak bagian puncak gunung berketinggian 3.763 meter dari permukaan laut, seperti pecah.

Dari rekaman video amatir yang disiarkan media  lokal itu, terlihat lava pijar dan awan panas mengalir deras melalui sejumlah sisi lereng gunung. Meluncur dengan kecepatan tinggi, menyapu semua yang ada di kaki gunung termasuk bangunan rumah.

Kondisi Guatemala benar-benar mencekam. Ribuan orang yang bermukim di sekitar Gunung Fuego berusaha lari menjauh dari gunung untuk menyelamatkan diri.

Ada juga yang menyelamatkan diri dengan kendaraan, mereka memacu kendaraan dengan sangat kencang.

Petugas penyelamat dan relawan tampak berusaha menyelamatkan penduduk, sementara ini, dilaporkan sudah 25 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya cedera. Banyak korban ditemukan dalam kondisi tubuh hangus akibat terkena lava.

Sementara itu, pemerintah setempat telah mengeluarkan pernyataan bencana nasional dan hari berkabung selama tiga hari ke depan.

Diperkirakan korban jiwa akibat letusan Gunung Fuego akan terus bertambah, karena tim penyelamat belum bisa menembus sejumlah lokasi yang diduga terdapat korban.

Gunung Fuega di tahun 2018 ini sudah dua kali erupsi, letusan pertama terjadi pada Januari 2018, tapi tak sedahsyat letusan yang terjadi kali ini. Sebelumnya Fuego juga pernah meletus pada tahun 2012. (ysp)

NGERI! BEREDAR VIDEO DETIK-DETIK MENCEKAM ERUPSI GUNUNG API FURGO DI GUATEMALA! . Via @localbali Gunung api Fuego di Guatemala mengalami Erupsi pada hari Minggu (3/6/2018). Erupsi ini merupakan kedua kalinya pada 2018 ini. Erupsi tersebut menyebabkan sedikitnya 25 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka. Dilansir dari CNN, letusan gunung berapi memuntahkan lava panas dan awan tebal berselimut asap yang tebal. Awan panas terlontar hampir enam mil ke udara. . Video yang tampaknya direkam dari kendaraan yang berjalan itu memperlihatkan suasana di jalanan sekitar terjadinya letusan gunung Fuego. Awan hitam pekat yang bergulung-gulung di latar belakang membuat suasana dalam video mencekam. Sejumlah kendaraan juga terekam tengah berusaha menjauhi sumber awan panas tersebut. Suara bising dari orang-orang yang diduga merekam video tersebut terdengar jelas. . Video berdurasi 37 detik itu seolah merekam keganasan erupsi Gunung Fuego pada Minggu (3/6/2018) kemarin. __ #balichannel #beritanasional #erupsi #gunung #guatemala #amerika #Fuego __ Sumber: Grid.ID Video: Carmen Aguilera – #regrann

A post shared by MEDIA PARTNER IN TAMPAKSIRING™ (@infotampaksiring) on

Baca Juga