Beranda Nasional

Bupati Purbalingga Tasdi Ditangkap KPK, Dulu Sopir Truk

Bupati Purbalingga Tasdi saat ditangkap petugas KPK, Senin (4/6/2018).

PURBALINGGA-RADAR BOGOR-Bupati Purbalingga Tasdi ditangkap KPK dalam OTT (operasi tangkap tangan) Senin (4/6) sekitar pukul 17.00 WIB.

Petugas KPK juga menangkap Kabag Layanan Pengdaan Setda Purbalingga Hadi Iswanto, serta ajudan bupati bernama Teguh Priyono dan kontraktor yang diduga menyerahkan suap, Nababan. Diduga penangkapan itu terkait proyek pembangunan Islamic Centre.

Dari keterangan yang dihimpun di lapangan, sebelum penangkapan, sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara penyidik KPK dengan Kabag Layanan Pemgadaan Hadi Iswanto.

Hadi yang menggunakan mobil dinas Avanza bernomor polisi R 64 C dengan kecepatan cukup tinggi dari arah jalan raya alun-alun masuk ke komplek Pendapa Dipokusumo. Mobil itu dikejar oleh dua mobil Avanza warna putih yang tidak diketahui nomor polisinya.

Mobil dinas Hadi Iswanto lalu menuju ke lapangan tenis di komplek pendapa. Mobil itu ditabrak oleh salah satu mobil KPK pada bagian sisi kanan tengah. Hadi Iswanto kemudian keluar dari mobil dan berlari menuju ruang kerjanya di lantai dua gedung Setda.

Sejumlah orang dari dua mobil KPK lalu keluar dan mengejarnya. Ternyata di komplek pendapa juga sudah terparkir mobil Avanza silver yang dinaiki oleh tim KPK. Mereka juga keluar dan mengejarnya. Akhirnya penyidik KPK berhasil menangkap Hadi Iswanto di salah satu ruangan. Dia lalu menyerahkan tas kresek berisi segepok uang.

Penyidik KPK tim lain ternyata mendatangi ruang kerja Bupati Tasdi. Dan kemudian membawa bupati bersama ajudannya, Teguh Priyono. Mereka lalu dibawa ke Polres Banyumas untuk dimintai keterangan.

Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM merupakan politisi PDIP yang merangkak dari bawah. Berangkat Ketua PAC PDIP Karangreja, Tasdi yang sebelumnya merupakan sopir truk ini terpilih menjadi anggota DPRD Purbalingga periode 1999-2004.

Selanjutnya karir politiknya melejit setelah menjadi anggota Komisi D DPRD Purbalingga, lantas menjadi ketua DPC PDIP Kabupaten Purbalingga periode 1999-sekarang. Setelah itu terpilih menjadi Ketua DPRD Purbalingga 2004-2014.

Tasdi kemudian dipilih DPP PDIP menjadi wakil bupati Purbalingga 2010-2015 menggantikan Sukento Rido M yang naik jabatan menjado Bupati. Tasdi kemudian terpilih menjadi Bupati Purbalingga periode 2016-2021 berpasangan dengan Dyah Hayuning Pratiwi.

Tasdi juga sempat masuk bursa Wakil Gubernur Jawa Tengah untuk dipasangkan dengan Ganjar Pranowo. Tapi kemudian gagal meski sudah beberapa kali ikut wawancara di DPP PDIP. (tya/ysp)

Baca Juga