Beranda Berita Utama

Pilot TNI AU Siap Ambil Alih, Pilot Garuda : Menerbangkan Pesawat bukan Seperti Angkot

BERBAGI
Rencana TNI AU uang mengambil alih penerbangan Pesawat Garuda ditolak Asosiasi Pilot Garuda.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Asosiasi Pilot Garuda mengancam mogok kerja. TNI AU siap mengerahkan pilotnya untuk menerbangkan pesawat milik PT Garuda Indonesia jika pilot maskapai pelat merah itu benar-benar mogok kerja.

Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG) Capt. Bintang Hardiono pun tidak menyetujui langkah penggantian pilot sipil dengan pilot militer. Dia mengingatkan bahwa untuk menjadi pilot pesawat komersil tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi.

”Itu masalahnya. Bahwa pilot itu tidak bisa sembarangan. Menerbangkan pesawat bukan seperti angkot,” ujar Bintang kepada Jawa Pos, Minggu (3/6/2018).

Pilot Pesawat Garuda Ancam Mogok, Pilot TNI AU Siap Menggantikan

Tapi, tambah Bintang, lain halnya bila memang rencana Garuda untuk meminta bantuan pilot-pilot TNI AU itu sekaligus dengan pesawat dari TNI AU. Bukan dengan pesawat komersil milik Garuda. ”Kecuali nanti pakai pesawat nya AU,” kata dia.

Selain itu dia juga mempertanyakan tentang rencana dari manajemen Garuda untuk memanfaatkan pilot cadangan. Hal itu perlu dipertanyakan karena bila ada pilot cadangan mestinya saat ini bisa juga diberi jadwal terbang.

”Kenapa kalau ada pilot cadangan tidak diterbangkan dari sekarang, yang katanya kekurangan pilot,” imbuh dia. (syn/jun/ysp)

Komentar Anda

Baca Juga