25 radar bogor

Pilot Pesawat Garuda Ancam Mogok, Pilot TNI AU Siap Menggantikan

Pilot TNI AU siap menerbangkan Pesawat Garuda jika pilot plat merah itu ancam mogok.
Pilot TNI AU siap menerbangkan Pesawat Garuda jika pilot plat merah itu ancam mogok.

JAKARTA-RADAR BOGOR, TNI AU siap mengerahkan pilotnya untuk menerbangkan pesawat milik PT Garuda Indonesia Tbk. Pengerahan pilot TNI AU ini akan dilakukan jika pihak Garuda memintanya ketika pilot maskapai pelat merah itu benar-benar mogok kerja.

”Jadi, kalau pun sampai terjadi (pilot mogok kerja), kemudian misalnya minta ke penerbang TNI AU, tentunya TNI AU nantinya akan membantu,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Novyan Samyoga, Minggu (3/6/2018).

Samyoga menambahkan, ada beberapa prosedur yang harus dilalui seorang penerbang militer menerbangkan pesawat komersial. Paling utama, pilot bersangkutan cakap untuk menerbangkan pesawat komersial. Di antara banyak penerbang TNI AU, sebagian punya sertifikasi untuk itu.

”Pasti kami bantu,” katanya. ”Tentunya kalau ada surat permintaan resmi dari Garuda.

Mantan ajudan Wapres Boediono itu pun mengungkapkan, kerja sama antara TNI AU dengan Garuda Indonesia tidak secara khusus mengatur soal pengerahan bantuan ketika terjadi mogok kerja. ”Tapi, kaitannya dengan keterbatasan jumlah pilot yang ada di Garuda (Indonesia),” terangnya.

Karena itu, dia berharap besar ancaman mogok kerja tidak benar-benar dilakukan oleh Asosiasi Pilot Garuda. Sebab, masyarakat membutuhkan mereka. (syn/jun/lyn/ang)