Beranda Konsultasi

Puasa Sering Mengantuk

dr. Ummi Zakiyah

Tanya :
Assalamualaikum…
Dok, selama berpuasa kita biasanya sering mengantuk. Apakah penyebab kantuk selama berpuasa disebabkan tidur kita berkurang? Atau ada penyebab lain, Dok? Bagaimana kita mencegah agar tidak mengantuk selama berpuasa? Mohon penjelasannya, Dok. Terima kasih.

Wahyu

Jawab : 
Walaikumsalam…
Saat bulan puasa tubuh kita harus beradaptasi dengan perubahan pola tidur, karena kita harus bangun lebih pagi untuk bersantap sahur. Beberapa literatur kesehatan menyatakan bukan kurang tidur yang menjadi faktor utama penyebab mengantuk.

Sebagian besar penyebab mengantuk saat berpuasa adalah karena faktor metabolisme tubuh yang berubah, yaitu menurunnya kadar glukosa dalam darah. Otak mendapat energi dalam bentuk glukosa dengan mengonsumsi 60 persen asupan glukosa tubuh.

Saat kadar glukosa menurun, maka asupan energi untuk otak juga menurun, sehingga otak menstimulus tubuh untuk istirahat dengan tanda-tanda menguap atau mengantuk.

Pada waktu siang hari saat cadangan energi dalam tubuh orang berpuasa mulai berkurang tubuh akan menjadi lemas, kondisi ini juga yang menyebabkan seseorang menjadi mengantuk.

Faktor lain yang menyebabkan mengantuk adalah berkurangnya kandungan zat besi dalam tubuh. Fungsi zat besi adalah untuk pembentukan sel darah merah hemoglobin.

Hemoglobin ini bertugas mengedarkan zat-zat penting untuk tubuh termasuk juga glukosa ke otak. Kalau asupan zat besi berkurang maka glukosa juga terhambat sampai ke otak menyebabkan tubuh menjadi mengantuk.

Untuk menyiasati agar tubuh kita tidak cepat mengantuk saat berpuasa adalah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, ubi, jagung, singkong, roti gandum.

Karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lama sehingga akan lebih lama di tubuh. Jangan lupa juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran hijau, ikan teri, dan kacang-kacangan. Demikian penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat.(*)

Baca Juga