Beranda Radar Ramadan

Prestasi Pondok Pesantren Darussalam, Santri Andal Tahfiz dan Pidato Tiga Bahasa

PRESTASI: Para santri bersama trofi juara dari kompetisi yang pernah mereka ikuti.

Latihan yang cukup rutin, menjadi modal utama para santri Ponpes Darussalam mengukir prestasi. Maka tak heran, ponpes yang dijuluki Klasikal Modern ini jadi langganan juara pada beberapa kompetisi.

Laporan : Andika Try Wiratama

Baru baru ini, santri Ponpes Darus­sa­lam baru mendapatkan juara satu dan dua dalam lomba berceerita dalam ba­hasa Arab. Sebelumnya pula, para santri berhasil menjuarai Sky First di Jakarta sebagai juara satu lomba kali­grafi dan juara tiga lomba pidato dalam bahasa Arab.

”Karena memang anak–anak tidak terlalu sulit beradaptasi dengan kegiatan tersebut. Sebab itu sudah jadi bagian dari kegiatan harian mereka di pondok. Seperti lomba bahasa Arab, di sini sendiri bahasa pengantarnya adalah bahasa Arab dan Inggris,” beber Saefullah.

Hanya memang, kata dia, ada trik atau pendalaman khusus yang dilakukan untuk melatih itu. Menurutnya, setiap event yang diikuti mengusung temanya masing-masing. Meskipun jadi kendala, namun para santri dibantu penuh oleh pembimbing.

”Dan persiapan mereka biasanya sampai satu mingguan. Ke depan kita ren­cana, dan sudah berjalan bagai mana kemudian ini meningkatkan kua­litas dan mutu anak anak. Bahwa san­tri itu tidak hanya identik dengan mengaji tapi bagai mana life skill mereka juga diasah,” tukasnya.(c)

Baca Juga