Beranda Radar Ramadan Jelajah Religi

Tempat Belajar Para Mualaf

IST
IKONIK: Konsep bangunan Tionghoa begitu kental di Masjid Al Imtizaj, Banceuy, Kota Bandung.

MASJID Al Imtizaj tak hanya digunakan untuk ibadah para jamaah maupun pendatang, melainkan juga untuk belajar mengenal Islam bagi para mualaf. Setidaknya, dalam waktu satu pekan secara rutin diadakan pengajian, kajian, dan bimbingan mengenal Islam.

Ketua Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid Al Imtizaj Muhamad Yahya Azlani mengatakan, pihaknya rutin menggelar pengajian setiap minggunya bagi mualaf maupun masyarakat yang ingin mengenal Islam. ”Setiap satu minggu itu ada pembinaan mualaf.

Standar saja seperti belajar Quran pengenalan Islam yang dasar,” kata Yahya. Masjid ini sangat terbuka bagi siapa pun yang ingin mengenal Islam. Baik keturunan Tionghoa maupun masyarakat Bandung lainnya.

Selama bulan suci Ramadan, masjid akan selalu ramai tanpa putus. Dalam artian pengunjung silih berganti dan terus berdatangan di setiap waktunya. ”Dari waktu ke waktu tidak pernah henti. Karena lokasinya strategis (persimpangan) dari Jalan ABC, Pasar Baru, Cikapundung, dan sekitar,” jelasnya.

Masjid dengan kapasitas mampu menampung 150-200 jamaah itu pun digunakan untuk melaksanakan salat tarawih setiap Ramadannya. Pihak DKM pun selalu menyediakan takjil untuk masyarakat berbuka puasa.

”Ramadan biasa-biasa saja kegiatannya hanya nambah ceramah tarawih, kemudian Magrib dan Isya banyak tamu yang datang, menyediakan takjil ala kardarnnya,” pungkasnya.(jpg)

Baca Juga