25 radar bogor

Tunjukkan Simbol Penting

IST ILMU: Peserta dan pengisi acara talk show yang diadakan UNIDA, berfoto bersama pengisi acara.
IST
ILMU: Peserta dan pengisi acara talk show yang diadakan UNIDA, berfoto bersama pengisi acara.

CIAWI–RADAR BOGOR, ‘Be Confident, Be You’. Itulah tema Talk Show Public Speaking yang diadakan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Djuanda (Unida), belum lama ini.

Menurut Ike Atikah Ratnamulyani, dosen mata kuliah public speaking Unida, kegiatan ini untuk menambah wawasan keilmuan bagi ma­hasiswa. Terlebih, ilmu ini diberikan langsung dari tokoh berpengalaman di bidang public speaking.

”Melalui public speaking, kita dapat mengetahui pola pemi­kiran dari seseorang. Menge­tahui gagasan masa de­pan seseorang, dan ide-ide luar biasanya,” ujarnya dalam rilis yang diterima Radar Bogor.

Selain itu, lanjut dia, maha­siswa bisa mengetahui peru­bahan seperti apa yang digagas atau direncanakan seseorang. Di samping teknik-teknik yang diajarkan oleh dosen.

Dengan tema tersebut, di­harap­kan mahasiswa semester empat mampu menjadi public speaker yang andal. Serta menjadi pribadi yang percaya diri dengan kemampuan dan cirinya masing-masing.

Dalam acara ini, hadir nara­sumber yang berkarier seba­gai juru bicara masyarakat adat tingkat global, sekali­gus pe­raih penghargaan Magsaysay Award 2017, Abdon Nababan.

Dalam pemaparannya, Abdon menyampaikan bebe­rapa poin penting penga­lamannya di dunia public speaking. Pertama, menun­jukkan sesuatu dari diri yang menunjukkan ciri khasnya.

”Tunjukkan simbol-simbol penting seperti gaya penam­pilan yang membuat audience merasa dekat dengan pembi­cara, serta topik yang dibica­rakan. Salah satunya dengan mengenakan pakaian yang sesuai,” paparnya.

Kedua, persiapan materi dan membayangkan situasi di mana pemberi pesan akan berbicara.(*/dka)