Beranda Olahraga

Prancis Favorit tapi Diragukan

FAVORIT: Olivier Girud (kanan) dan Antonio Griezmann (7) akan jadi senjata andalan Prancis di Piala Dunia.

PRANCIS-RADAR BOGOR,Bermodalkan para pe­main ­bintang dan talenta muda yang berbakat, Prancis jadi salah satu ­unggulan di Piala Dunia 2018 di ­Rusia. Prancis berpotensi untuk bisa menjadi juara di tahun ini setelah ­Piala Eropa dua tahun lalu mereka dikandaskan Portugal.

Pada periode sulit saat Piala Dunia 2014 lalu di Brasil, target Les Blues untuk men­capai babak perempat final hingga empat besar pada tahun ini pun dinilai Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet adalah sesuatu yang memungkinkan. Apalagi, di kualifikasi Prancis berada di Grup C bersama Australia, Peru, dan Denmark, sudah tentu mereka menjadi favorit untuk menjadi juara grup.

Bila melihat pertemuan, de­ngan Australia keduanya sudah pernah bertemu tiga kali de­ngan catatan satu menang, satu kalah, dan satu imbang. Akan tetapi, di perte­­muan terakhir pada 2013 lalu, Prancis menang besar 6-0.

Lalu, dengan Peru keduanya belum pernah bertemu. Akan tetapi, secara peringkat Prancis jelas di atas Peru yang menem­pati 11 dunia sedangkan Prancis sendiri saat ini di posisi keenam dunia.

Dengan Denmark sudah 13 kali bertemu, tetapi sampai saat ini rekor kemenangan mereka lebih banyak, yaitu 8 kali atau dua kali lipat diban­dingkan dengan kekalahan mereka atas ” The Dynamite” dan satu pertemuan berakhir imbang. Catatan tersebut sudah bisa memberikan jaminan jika saat ini Prancis masih unggul secara statistik dibandingkan dengan para pesaingnya di Grup C.

Dalam sejarah Piala Dunia, dari 14 penampilan mereka, Pran­cis memang baru satu kali men­jadi juara pada 1998 lalu ketika mereka menjadi tuan rumah. Terakhir, di 2014 lalu, kiprah mereka hanya berakhir di babak perempat final.(rur/net)

Baca Juga