Beranda Metropolis

Ingatkan KIR Kendaraan via SMS Gateway

TERBANYAK:Angkot-angkot terlihat melintasi jalur SSA, tepatnya di simpang Tugu Kujang Pajajaran. Kendaraan ini mendominasi tidak lolos uji kir.

BOGOR–RADAR BOGOR,Bertambahnya kendaraan di Kota Hujan, baik roda dua dan empat, patut diikuti dengan pelayanan prima. Terutama dalam pemeriksaan kelaikan kendaraan melalui uji kendaraan berkala (KIR) secara rutin.

Urgensi uji KIR kendaraan menjadi cukup vital saat berbagai kasus kecelakaan lalu lintas ditengarai karena tidak laiknya kendaraan beroperasi di jalanan umum.

Hal inilah yang membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor terus berinovasi dalam upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kendaraannya secara berkala. Yakni, dengan layanan SMS Gateway.

“Layanan ini memberikan informasi kepada pemilik angkutan barang dan jasa akan habisnya masa belaku KIR,” ujar Kabid Angkutan pada Dishub Kota Bogor Jimmy Ventius Parluhutan kepada Radar Bogor.

Layanan ini nantinya akan menjadi semacam alarm bagi masyarakat pemilik kendaraan saat kendaraannya sudah wajib KIR. ”Selama ini, mungkin masyarakat lupa waktunya KIR. Dengan SMS Gateway ini, mereka akan menerima pesan dari kita,” terangnya.

Saat ini pemilik kendaraan yang mengajukan uji KIR wajib menyertakan nomor telepon. Dari nomor tersebutlah, SMS Gateway Dishub beroperasi. Dengan sistem ini, pemilik kendaraan diharapkan dapat melakukan uji KIR secara rutin. Sehingga kesadaraan akan uji kelayakan pun meningkat.

“Uji KIR ini bukan semata-mata hanya kendaraan, melainkan juga demi keamanan,” bebernya.

Sementara, salah seorang pemilik kendaraan Affandi Maulana (47), mengaku mengikuti uji KIR setelah menerima SMS dari Dishub. Adanya pemberita­huan ini, kata Affandi, membantu pemilik kendaraan angkutan untuk taat uji KIR.

“Sebelumnya saya suka telat. Kadang telat sebulan kadang dua bulan. Teman saya malah pernah setahun lebih,” kata pebisnis matrial itu.(don/c)

Baca Juga