25 radar bogor

Pemeriksaan Angkutan Mudik Dimulai

ILUSTRASI ANTISIPASI : Dua petugas Dishub mengecek kelaikan jalan bus yang akan menjadi armada angkutan Lebaran.

ANTISIPASI : Dua petugas Dishub mengecek kelaikan jalan bus yang akan menjadi armada angkutan Lebaran.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Pemeriksaan dengan sistem ramp check dan tools check list manual book ( TCL Mabook) un­tuk ang­kutan mudik sudah di­persiapkan dan dilakukan sejak Jumat (18/5) lalu.

Me­nurut Kabid Keselama­tan Dishub Kabupaten Bogor, Muslim Akbar, pemerik­saan dilakukan terhadap bus BPTJ yang akan melayani pe­numpang.

”Semua bus sudah dila­ku­kan pemeriksaan ke pool di wilayah Kabupaten Bogor yang ditunjuk untuk angkutan mudik gratis,” katanya.

Namun demikian, sam­bung dia, perusahaan masih pu­nya kewajiban memeriksa se­tiap kendaraan yang akan di­be­rangkatkan dari pool de­ngan menggunakan buku petunjuk TCL Mabook.

Hal ini agar kendaraan benar-benar siap ber­operasi dan selamat sam­pai tujuan atau tidak ada perbaikan di jalan.

”Pe­me­rik­saan dilaksanakan sejak 18 Mei yang melibatkan penguji kendaraan bermotor dan mekanik setiap pe­rusahaan,” ungkapnya.

TCL Mabook, jelas Muslim, berfungsi untuk mengon­trol kelayakan kendaraan, pe­ngendali kelayakan angkutan umum, dan kesiapan ope­rasional kendaraan angkutan umum saat akan diopera­sionalkan di jalan.

”Pengemudi juga tidak di­benarkan lagi mela­ku­kan per­baikan ken­daraan di ja­lan,” tegasnya.

Ia menambahkan, TCL Mabook ini bentuknya seder­hana, berupa buku cek list yang akan diluncurkan saat angkutan Lebaran nanti. Sebelum jalan, ken­daraan wajib diperiksa.

”Setiap kendaraan yang akan jalan sebelumnya wajib di­periksa dulu oleh mekanik atau pengawas di perusa­haan, sehingga dipastikan kenda­raan siap layak jalan dan siap operasi,” cetusnya.(wil/c)