Beranda Konsultasi

Olahraga saat Puasa

BERBAGI
dr. Ummi Zakiyah

Bagaimana olahraga saat berpuasa Dok? Kapankah lebih efektif agar puasa saya juga tidak terganggu, tapi jadwal olahraga tetap bisa saya jalankan?

Tia
Paledang Bogor Tengah

Walaikumsalam wr.wb
Terima kasih Ibu Tia untuk pertanyaannya.
Berpuasa bukanlah sebuah hambatan untuk tetap berolahraga. Olahraga tetap dianjurkan terutama bila kita memang rutin berolahraga sebelumnya.

Dengan tetap berolahraga, tubuh kita akan tetap bugar dan sehat selama berpuasa. Saat kita berpuasa, energi yang kita miliki tentu saja berbeda dari biasanya. Terjadi penurunan metabolisme tubuh secara alami karena berkurangnya asupan energi dan nutrisi.

Itu yang menyebabkan terjadinya perbedaan berolahraga saat tidak berpuasa dengan berolahraga saat berpuasa. Untuk dapat terus berolahraga selama berpuasa ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan olahraga selama berpuasa :
Lakukan jenis olahraga yang biasa dilakukan sebelumnya. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan atau sedang. Beberapa jenis olahraga yang tepat yang dapat kita lakukan selama berpuasa, antara lain i yoga, jalan cepat,atau bersepeda.

Lakukan olah raga tersebut selama kurang lebih 30 menit setidaknya 2 samoai 3 kali dalam seminggu. Tingkatkan intensitas dan durasi olahraga seiring waktu berjalan sesuai kemampuan kita.

Pilihlah waktu yang tepat :
pagi hari setelah sahur, karena di waktu ini tubuh kita masih segar dan cadangan energi masih banyak.

sore hari, 30 menit menjelang berbuka puasa, dengan demikian kehilangan energi dan cairan akibat olahraga bisa langsung digantikan saat berbuka.

atau setelah berbuka puasa, tunggu 2 atau3 jam setalah perut diisi makanan agar organ pencernaan memiliki waktu yang cukup untuk mencerna.

Pemilihan waktu tergantung dari kebugaran setiap individu. Yang terpenting adalah setelah berolahraga kita tidak merasa lemas.

Kita harus juga memperhatikan kondisi kesehatan tubuh kita. Jika kita merasa kondisi tubuh kita tidak fit, jangan paksakan untuk berolahraga.

Saat berpuasa tidak disarankan melakukan olahraga berat atau angkay beban. Jika ingin melakukannya pilih waktu setelah berbuka puasa.

Atur nutrisi saat sahur dan berbuka.asupan nutrisi yang masuk harus seimbang.

Penuhi kebutuhan cairan. Minimal 2 liter air putih perhari diantara waktu berbuka hingga sahur.

Jadi,kunci utama agar kita dapat tetap berolahraga dalam bulan puasa ini adalah memilih jenis dan kapan waktu yang tepat kita berolahraga. Selain itu juga harus diimbangi asupan nutrisi seimbang dan cairan yang cukup.

Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat dan semoga Ibu Tia tetap dapat melakukan rutinitas berolahraga selama bulan puasa ini.(*)

Komentar Anda

Baca Juga