25 radar bogor

Nekat Bener Ini Orang!

SOFYANSYAH/RADAR BOGOR TERCIDUK: Polisi menggiring SJ, pelaku penggelapan uang milik perusahaannya. Dalam aksinya, pelaku berpura-pura menjadi korban pembegalan.
SOFYANSYAH/RADAR BOGOR
TERCIDUK: Polisi menggiring SJ, pelaku penggelapan uang milik perusahaannya. Dalam aksinya, pelaku berpura-pura menjadi korban pembegalan.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Ada-ada saja ulah dua karyawan salah satu perusahaan swasta di Citeu­reup ini. Niat ingin mengua­sai uang perusahaan sebe­sar Rp170 juta, dua karyawan tersebut nekat membuat ske­nario seolah-olah menjadi korban pembegalan.

Kasus ini terungkap setelah Polres Bogor mendapat la­poran pembegalan, Senin (21/5) lalu. Saat itu pelaku berinisial SJ dan rekannya (inisial dan nama masih dira­hasiakan) mengaku menjadi korban pembegalan saat akan menyetorkan uang perusa­haannya ke salah satu bank di kawasan Sentul.

”Uang ini hasil penagihan kedua pelaku, dan harusnya disetor ke perusahaan,” ucap Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky, Kamis (24/5).

Dari laporan itu, polisi melakukan olah tempat ke­jadian perkara (TKP). Na­mun, dari oleh TKP, tiga kali polisi menemukan k­e­janggalan. Beberapa saksi ditujukan pelaku tidak melihat adanya pembegalan.

”Yang benar, ka­sus ini sengaja dibuat seakan-akan terjadi pem­begalan kemudian uang­nya digelapkan,” ujar kapolres.

Curiga, polisi akhirnya mengarah ke kedua pelaku. Benar saja, saat digeledah, polisi menemukan uang di rumah salah satu pelaku yang masih buron.

Sementara, SJ langsung ditangkap. Menu­rut kapolres, SJ menjalani skena­rio dengan menjatuhkan diri dan membuat seolah-olah terseret di aspal. Saat itulah, uang yang dipegang dalam tas, lalu diserahkan ke teman­nya dan langsung kabur.

Bahkan, SJ merobek jaket yang dipakainya agar terlihat mendapat pembacokan. ”Pe­laku yang tadinya korban sekarang menjadi tersangka dan dijerat Pasal 372, 374 KUHP,” imbuhnya.(wil/c)