Beranda Politik

Empat Partai Siap Lawan Jokowi

Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto menunggang kuda beberapa waktu lalu.

JAKARTA-RADAR BOGOR,Partai Amanat Nasional (PAN) intensifkan komunikasi bersama Partai Demokrat, Gerindra, dan PKS untuk membuka peluang terbentuknya koalisi di Pilpres 2019.

”Sekarang ada wacana yang kuat antara Partai Demokrat, PAN, Gerindra dan PKS,” ujar Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5).

Taufik menyebut, pembentukan koalisi perlu dilakukan mengingat adanya syarat ambang batas pencalonan, yang menyebabkan tidak ada satu partai politik pun yang bisa mengusung pasangan calon sendiri.

”Sesuai dengan konstitusi bahwa setiap capres dan cawapres hanya bisa diusung gabungan parpol-parpol tertentu yang memenuhi batas presidential threshold 20 persen,” jelasnya.

Meski begitu, ia tidak mau berandai-andai perihal seberapa besar peluang koalisi melawan Jokowi di Pilpres 2019 terbentuk. Bagaimanapun hasilnya, itu hanya masing-masing ketua umum yang menentukan.

”Keputusan akhir dari setiap partai untuk mendorong calon tertentu itu bagimana realisasinya kita tunggu,” tukasnya.

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade pun tak membantah soal rencana koalisi keempat partai itu. Namun hingga saat ini belum ada kesepakatan yang dicapai. ”Nanti setelah semuanya sepakat koalisi, tentu akan ada pertemuan Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat,” ujar Andre.

Andre menyebut rencana koalisi itu terlihat dari keakraban antara elite Gerindra, PAN, dan Demokrat dalam sebuah foto saat acara peringatan 20 tahun reformasi di DPR. Ia pun menghubungkan rencana koalisi keempat partai itu dengan pertemuan antara Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno dan Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu.

Terpisah, Waketum Gerindra Fadli Zon pun memberi tawaran kepada Demokrat jika jadi berkoalisi. Namun, ia tak menyebut secara spesifik posisi apa yang akan didapat Demokrat.(ded/fiq/net)

Baca Juga