25 radar bogor

Bendungan Citeureup Segera Rampung

ANDIKA RADAR BOGOR DIKERJAKAN: Pengerjaan megaproyek Bendungan Ciawi tengah berlangsung untuk pembuatan area jalan masuk, kemarin.
ilustrasi pengerjaan bendungan (dok.Radar Bogor)
CIGUDEG–RADAR BOGOR,Petani di Blok Nambo, Kampung Cilame, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, tidak akan kesulitan lagi mendapatkan air untuk lahan persawahannya.
Ya, Pemerintah Desa Sukamaju tengah memperbaiki Bendungan Kali Citeureup yang jebol beberapa waktu lalu. Untuk diketahui, bendungan ini menjadi sumber air bagi ratusan petani dari dua dusun dan empat RW.
Akibat kerusakan itu, petani mengaku gagal panen karena kesulitan mendapatkan air.
”Sudah dua kali musim tanam kami absen. Itu gara-gara kekeringan lokal lantaran saluran irigasi tidak ada air,” kata Hamid (45) petani Blok Nambo, Kampung Cilame, kepada Radar Bogor, kemarin (25/5).
Selama itu, kata dia, banyak petani yang beralih tanam dari padi ke pawalija yang memang tidak membutuhkan banyak air.
”Kemarin terpaksa kami alihkan ke jenis palawija lain yang kira-kira tidak memakan banyak air,” sambungnya.
Ketuam tim pengelola kegiatan (TPK) pembangunan Bendungan Citeureup, Gultom menyebut, pembangunan menalan anggaran Rp234.200.000 yang bersumber dari dana desa.
”Volume bendungan keseluruhan mencapai 1.000 meter persegi. Pengerjannya sudah lima hari berjalan, dan kami targetkan 30 hari rampung,” ucapnya.(cr3/c)