25 radar bogor

4 Ribu Warga Belum Punya BPJS

ANTUSIAS: Staf BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor mendata satu per satu warga yang menjadi pemohon.
ANTUSIAS: Staf BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor mendata satu per satu warga yang menjadi pemohon.

NANGGUNG–RADAR BOGOR,Warga Desa Curugbitung, Kecamatan Nanggung, belum seluruhnya menjadi peserta BPJS Kese­hatan. Dari 10.300 jiwa, hanya 60 persen atau 6.180 jiwa yang sudah mengantongi kartu BPJS Kesehatan. Sementara, sisanya, 4.120 jiwa belum punya BPJS.

Mengejar jumlah tersebut, Pemerintah Desa Curugbitung bekerja sama dengan kantor BPJS Kesehatan mengadakan program jemput bola, One Day Service.” Program ini gratis dan mandiri. Sementara iuran bulanan peserta BPJS diten­tukan oleh kelas masing-ma­sing,” ujar Kepala Desa Curug­bitung Kosasih kepada Radar Bogor di sela-sela kegiatan.

Ke­marin (25/5), warga yang mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan lebih dari 500 orang.

Sekdes Curugbitung Didih Suryadi menambahkan, pro­gram ini dilakukan sesuai dengan prosedur administrasi yang berlaku. Warga yang ingin mendaftar hanya perlu me­nyiapkan fotokopi kartu keluarga dan KTP.

Ia juga menuturkan, selama ini warganya kesulitan me­ngurus BPJS Kesehatan lantaran terbentur jarak yang jauh. ”Kalau kemarin-kemarin ba­nyak hambatannya. Sekarang sudah di depan mata, Alham­dulillah warga terbantu,” katanya.

Budi Wicaksana, salah satu petugas Bagian Perluasan Peserta BPJS Kesehatan Kabu­paten Bogor menuturkan, prog­ram ini sebetulnya sudah digulirkan sejak 2017 dengan menggandeng pemerintah daerah.(cr3/c)