Beranda Olahraga Kickers

Waktunya Bangkit, Spanyol!

Pemain Timnas Spanyol merayakan kemenangan (aworldcupnews.com)

MADRID-RADAR BOGOR,Spanyol akan menjadi kontes­tan di Piala Dunia 2018. Pagelaran sepak bola empat tahunan edisi kali ini bisa menjadi pengobat kekecewaan setelah pada edisi sebelumnya, tim berjuluk La Furia Roja tersebut sudah gugur ketika di babak penyisihan grup. Ya, kala itu, Spanyol sudah gugur di babak grup di Piala Dunia 2014 Brasil.

Spanyol adalah tim yang sudah memi­liki sejarah pan­jang da­lam pentas Piala Dunia. Tim yang saat ini ditangani Julen Lopete­gui tersebut pernah menjadi juara Piala Dunia pada 2010. Bersta­tus sebagai juara berta­han, mungkin menjadi beban bagi Spanyol ketika tampil di Piala Dunia 2014 lalu.

Waktu itu, Spanyol sudah hancur ketika menjalani pertan­dingan pertama. Bagaimana tidak, di laga perdana mengha­dapi Belanda, Spanyol menga­lami kekalahan 1-5. Kekalahan itu tentunya menjadi pukulan telak bagi Spanyol.

Kemudian setelah mengalami kekalahan dari Chile, harapan Spanyol untuk lolos ke babak berikutnya benar-benar pupus.

Tapi itu sudah terjadi empat tahun silam. Spanyol kini telah merajut harapan baru menyam­but Piala Dunia 2018. Tentu saja, Spanyol telah berusaha melakukan perbaikan-perbai­kan agar nasib buruk tak terjadi seperti sebelumnya. Bagaimanapun, Spanyol tetap masuk dalam tim favorit yang akan menjadi juara di Piala Dunia 2018 nanti.

Sepakbola Spanyol dalam beberapa tahun terakhir sering mendominasi dalam beberapa kejuaraan. Artinya, banyak pemain Spanyol yang terlibat dalam keju­araan level tertinggi.

Dalam skuat Spanyol saat ini pun terdapat pemain-pemain yang sudah kaya akan pengalaman bertan­ding di atas lapangan hijau. Mereka punya pemain bintang seperti Sergio Ramos atau David Silva. Sementara itu, pemain-pemain muda terus tumbuh dari negara Spanyol, sebut saja Alvaro Odriozola, Saul Niguez, Marco Asensio dan seterusnya.

Namun demikian, Spanyol tak boleh terlalu percaya diri. Meski dalam era keemasan, nasib buruk bisa saja menimpa.

Misalnya ketika menjalani Euro 2016 kemarin, Spanyol yang statusnya sebagai juara bertahan harus tersingkir di babak 16 besar setelah menga­lami kekalahan dari Italia. Oleh sebab itu, kerendahan hati adalah kunci keberhasilan Spanyol di Piala Dunia 2018 nanti.(rur/bol)

Baca Juga