Beranda Berita Utama

Rp35 Triliun untuk PNS Berlebaran

UPACARA : PNS mendapat gaji ke-13 lebih banyak tahun ini (dok.Radar Bogor)

BOGOR –RADAR BOGOR,Lebaran tahun ini benar-benar memberi berkah bagi para abdi negara. Pegawai negeri sipil (PNS) serta anggota TNI/Polri, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun, bakal banyak menerima pemasukan.

Pembayaran THR tahun ini bukan cuma gaji pokok. Pemerintah juga membayar tunai beragam tunjangan jabatan. Beres itu, gaji ke-13 pun turun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai terlalu bermurah hati di sisa setahun masa jabatannya.

Direktur Centre for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menilai, tak ada jaminan peningkatan kesejahteraan PNS berbanding lurus dengan kinerja para abdi negara. Apalagi, kebijakan ini dilakukan jelang Pemilu 2019.

“Dasar adanya anggaran THR dan gaji ke-13 PNS diberikan karena pemerintah menilai kinerja ASN semakin baik. Padahal, CBA melihat kinerja PNS dari konteks penyerapan atau realisasi anggaran atau APBN pada Bulan April, tidak semua kementerian baik atau tinggi bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujarnya, kemarin (25/5).

Dia mencontohkan, realisasi anggaran Kementerian Pertanian pada April 2018 hanya sebesar 11,61 persen. Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini (fik/c)

Baca Juga