25 radar bogor

Puluhan Truk Sampah Dikembalikan

KEBERSIHAN: Petugas UPT Kebersihan Cibinong membersihkan tumpukan sampah di Jalan Raya Cagak, Kecamatan Gunungputri, kemarin

BEKASI–RADAR BOGOR,Niat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminjam-pakai puluhan truk sampah kepada Kota Bekasi tak disertai dengan kualitas yang baik. Pasalnya, puluhan truk yang dipinjamkan itu kondisinya rusak parah dan tak bisa digunakan.

Butuh dana besar untuk perbai­kan puluhan truk tersebut. Kare­na itu, dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan mengembalikan puluhan truk rusak tersebut. Apalagi, sejak dipinjamkan puluhan truk sampah itu tidak bisa digunakan sama sekali.

”Kami tengah mempersiapkan dokumen untuk pengembalian puluhan truk itu,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi Jumhana Luthfi.

Dia membeberkan, selama kurun waktu tiga tahun, Pemprov DKI meminjamkan 50 truk sam­pah kepada Pemkot Bekasi.

”Tapi 40 persen rusak atau sekitar 20 unit dan sisanya 30 unit atau 60 persen bisa digunakan,” terangnya.

Luthfi menambahkan, seluruh truk pinjam-pakai dari Pemprov DKI itu tidak bisa dijualbelikan atau dipindah­tangankan. Sebab, seluruh kendaraan itu masih atas nama aset Pemprov DKI. Bahkan, nomor polisi pulu­han truk itu masih menggunakan kode wilayah Jakarta, meski pem­­bayaran pajaknya setiap tahun ditanggung Pemkot Bekasi.

”Makanya karena masih aset milik Pemprov DKI, puluhan truk yang rusak itu akan kami kembalikan,” ucapnya juga.

Rencana pengembalian aset pinjam-pakai itu, diakui Luthfi juga, setelah pihaknya melakukan berbagai pertimbangan. Salah satunya, tingginya biaya yang harus
dikeluarkan untuk perbaikan puluhan truk rusak tersebut. Saat ini, sekitar 20 unit truk yang rusak parah itu terparkir di Jalan Raya Narogong, Keca­matan Rawalumbu, Kota Bekasi.

”Pemberian pinjam-pakai puluhan truk dilakukan secara bertahap. Sejak 2015 hingga 2017. Truk-truk yang kami guna­kan untuk mengangkut sampah itu rata-rata buatan tahun 2009-2010,” paparnya juga.

Dia menam­bahkan, alokasi biaya perawatan truk sampah Rp15 miliar. ”Kami memiliki 300 unit truk sampah, baik milik Pemkot Bekasi dan yang pinjam pakai dari Pemprov DKI dengan angga­ran perawatan Rp15 miliar. Seda­ngkan, biaya operasional Rp60 miliar. Dana itu berasal dari APBD 2018,” tukasnya.(dny)