Beranda Olahraga

Kota Dirgantaranya Rusia

Suasana kota Samara

“Samara adalah yang terbaik, paling penuh dosa, paling elegan, dan paling nyaman di Moskow, dipotong dari kota dan ditransplantasikan di tepi sungai Volga,” demikian sekilas gambaran tentang Samara menurut Boris Pasternak, seorang penyair dan novelis terkemuka dari Rusia.

Samara ini akan menjadi salah satu dari 11 kota di Rusia yang menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Di Samara sendiri terdapat stadion yang bernama Cosmos Arena atau juga dikenal Samara Arena.

Cosmos Arena adalah stadion yang masih sangat baru di Rusia. Ia baru dibangun mulai 2014 meski telah dicanangkan sejak tahun 2010. Meskipun sampai saat ini belum pernah digunakan menghelat pertandingan namun stadion tersebut dipastikan sudah siap ketika perhelatan Piala Dunia 2018 dimulai.

Satu yang menarik dari Cosmos Arena di Samara tersebut adalah bentuknya. Stadion tersebut didesain serupa pesawat angkasa luar berbentuk bulat dengan ketinggian atap hingga 65,5 meter. Nantinya stadion tersebut mampu menampung 45 ribu penonton.

Melihat bentuk stadion di Samara tersebut akan memberikan banyak gambaran tentang kota yang berdiri sejak tahun 1586 tersebut. Kota yang terletak 1.057 kilometer dari ibukota Rusia tersebut adalah tempat yang memiliki akar kuat dalam pengembangan pesawat. Maka tak berlebihan jika Samara pantas dijuluki sebagai Kota Dirgantara. (rur/net)

Baca Juga