Beranda Metropolis

Ipik Gandamana Jadi Nama Tol BORR

Tol BORR seksi II B siap beroperasi.

BOGOR–RADAR BOGOR,Nama Bupati Bogor pertama Ipik Gandamana akan diabadikan menjadi nama jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Kepastian itu setelah dilakukannya pertemuan antara Pemkot Bogor dengan budayawan dan perwakilan masyarakat dari Museum Perjuangan Bogor, Pusaka Pakuan, Sanggar Bogor, Kapuk Bogor, kemarin (24/5).

Tim pengusul yang juga Budayawan Bogor, Ace Sumanta menuturkan, usulan Ipik Gandamana menjadi salah satu nama jalan di Bogor merupakan usul lama yang baru terealisasikan atau diusulkan tahun ini.

“Sebenarnya sudah dari zamannya pak Diani menjadi wali kota. Namun karena banyak kendala, makanya baru kali ini benar-benar gerak dan diusulkan secara serius,” bebernya kepada Radar Bogor.

Selain menjadi bupati Bogor pertama, sosok Ipik Gandamana pun menurut dia sudah seharusnya masuk menjadi salah satu pahlawan Bogor yang namanya diabadikan menjadi salah satu nama jalan.

Makanya, kata Ace, tahun ini menjadi momen yang tepat karena akan diresmikannya jalan tol BORR yang menghubungkan kota dan kabupaten Bogor, juga bertepatan dengan Hari Jadi ke-536 Bogor.

“Jadi memang momentumnya pas, makanya kami melakukan audiensi ini dengan pemkot dan mereka pun sangat mendu­kung mengenai hal ini. Dan akan diusulkan mengingat itu kewe­nangan pusat, makanya sekda akan mengusulkan ke Kemen­terian PUPR,” ungkap Ace.

Seperti diketahui, selain sebagai bupati Bogor pertama (sebelum pecah menjadi Kota Bogor) Ipik Gandamana adalah tokoh pejuang kemerdekaan NKRI di wilayah Bogor. Wilayah perjuangan Ipik meliputi wilayah eks Kota Praja, Karesidenan Bogor, dan wilayah Lebak yang saat ini masuk ke Provinsi Banten.

Dia juga teladan pemerintah di Jawa Barat. Setelah menjabat sebagai gubernur Jabar periode 1956-1959, ia dipercaya menjadi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia pada 1959-1964.

Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menuturkan, sangat mendukung usulan nama Tol BORR menjadi Ipik Gandamana. Dia pun langsung mengirimkan draft usulan nama tersebut ke Kementerian PUPR agar bisa menamakan jalan tol BORR sebagai Ipik Gandamana.

“Nanti akan kami umumkan (nama Ipik Gandamana) melalui pidato Plt Wali Kota saat HJB, dan juga diumumkan pada saat pembukaan jalan tol BORR oleh direktur PT Marga Sarana Jabar serta pidato HJB dari ketua DPRD,” tegas Ade.(ran/c)

Baca Juga