25 radar bogor

Uruguay Kejar Gelar Ketiga

Pemain timnas Uruguay selebrasi usai cetak gol

URUGUAY-RADAR BOGOR,Di awal, pasukan Oscar Tabarez ini sempat dipandang sebelah mata oleh publiknya sendiri. Perfoma La Celeste yang dinilai kurang stabil pada kualifikasi yang memicu penilaian miring tersebut.

Mereka sempat ditahan tim juru kunci Venezuela 0-0. Untungnya kemenangan besar 4-2 atas Bolivia pada pertandingan terakhir membuat mereka akhirnya lolos sebagai runner-up di bawah Brasil, dengan terpaut 10 poin. Kesalahan dua gol bunuh diri yang dilakukan pemain Uruguay pada laga itu terlupakan. Publik pun mulai simpati.

Berbekal titel dua kali juara, Uruguay pun optimistis mereka bisa mengulang lagi sejarah lamanya tersebut. Semenjak juara dunia pada 1930 dan 1950, performa mereka memang menurun. Babak semifinal pada Piala Dunia 2010 lalu menjadi pencapaian terbaiknya hingga kini.

Secara penampilan, Uruguay dari 18 kali laga kualifikasi yang digelar mencatatkan hasil yang cukup memuaskan. Lima kali kalah dan sisanya sembilan kali menang serta empat kali seri. Hasil mereka bahkan dinilai lebih baik dibandingkan Argentina pada sesi ini.

Bukan hanya hasil kualifikasi, pada turnamen internasional yang juga merupakan ajang pemanasan, seperti Piala China, mereka sukses menjadi juara. (rur/pr)