25 radar bogor

Tak Ada Libur bagi Dokter

DINKES KAB BOGOR PERSIAPAN: Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor Erwin Suriana (kiri) melihat kesiapan ambulans milik Dinkes.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Tidak ada libur Lebaran bagi petugas kesehatan. Sejak jauh-jauh hari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor mengingatkan petugas kesehatan agar siap dikerah­kan di titik-titik arus mudik dan balik Idul Fitri 2018.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Erwin Suriana menjelaskan, pihaknya siap mengerahkan petugas kesehatan di posko-posko mudik. Namun, berapa banyak yang akan diterjunkan, masih menunggu Polres Bogor menentukan jumlah posko yang disediakan nanti.

”Pastinya, untuk satu posko ada empat petugas kesehatan ber­gantian dua shift. Jadi tidak ada yang libur Lebaran. Pus­­kes­mas pun sama. Tetap berjalan normal,” ujar Erwin.

Berkaca pada arus mudik tahun lalu, terdapat 20 posko. Saat itu, Dinkes mengerahkan 120 dokter dan 344 tenaga ke­­sehatan dari seluruh wila­yah, ditambah 60
unit mobil am­bulans.

”Makanya kami tunggu dulu arahan dari kepolisian seperti apa. Kalau misalnya Tol Bocimi dibuka, pastinya akan ada penambahan posko mudik juga kan,” katanya.

Sementara di lain tempat, Dinas Perhu­bungan (Dishub) Kabu­paten Bogor akan meng­giring peng­guna sepeda motor berkum pul di Pos Gadog se­belum dika­wal ke­polisian ke arah Cisarua.

”Dalam dua tahun terakhir, lebih dari 60 persen jalan di wilayah selatan itu diisi kendaraan roda dua. Nah, kami harapkan dengan dikum­pulkan dulu kemudian di­kawal, kerawanan kecela­kaan lalu lintasnya bisa dite­kan. Karena tidak bisa dimungkiri sepeda motor kerap terlibat kecelakaan mematikan,” kata Kepala

Bi­dang Pengawasan Sarana dan Prasarana pada Dishub Kabu­paten Bogor Bisma Wisuda.

Ia menambahkan, di belahan selatan Kabupaten Bogor, disiapkan tiga titik pencatatan titik arus lalu lintas. Yakni Posko Cisarua, Posko Cigombong dan Posko Cileungsi dengan masing-masing posko diisi 10 orang.(wil)