25 radar bogor

Sisi Berbeda dari Pengajaran Santri di Ponpes Miftahul ‘Ulum

ISI SPIRITUAL: Pengajian ibu-ibu juga rutin diadakan ponpes ini untuk memperbanyak kegiatan keagamaan

Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum dapat menyiapkan santri menjadi seorang pengajar yang memiliki kelebihan ilmu dalam bidangnya masing-masing.

Pesantren yang awalnya bermula dari pemberian ilmu-ilmu dasar seperti huruf hijaiyah, nampaknya ada artinya. Karena hidup pun selalu dimulai dari bawah, sehingga perlu ada perjuangan untuk berada di atas atau kesuksesan.

Memang, belum banyak yang dapat dihasilkan dari pesantren ini. Namun seiring berjalannya waktu, pesantren ini mampu menjadikan santri yang dulu belajar di sini, atau lebih tepatnya alumni, untuk dapat menjadi seorang guru atau pengajar.

“Dari sekian tahun perjalanan pesantren ini, alhamdulillah alumni-alumninya ada yang mengajar, baik itu di sekolah keagamaan maupun sekolah formal,” beber Fuad.

Rupanya, ilmu yang sudah diterapkan dan diberikan oleh pengajar sangat bermanfaat. Sehingga mampu menjadi­kan santri menerapkan ilmu yang sudah diberikan. Terutama dalam hal menjadi seorang pengajar.

Tidak hanya sukses mengajar di luar pesantren saja, para alumni juga menyumbangkan ilmunya dengan mengajar di ponpes ini.

Seperti menjadi guru TK, juga ada yang mengajar di madrasah diniyah. “Ada juga yang mengisi pengajian di lingkungan sekitar pesantren, maupun di luar wilayah pesantren,” tandasnya.(cr4/c)