25 radar bogor

Pondok Pesanten Miftahul ‘Ulum, Perbanyak Pengajian Selama Ramadan

KAJI: Pengajar saat mengaji Alquran bersama para santrinya di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum, Bojong Menteng, Bogor Barat, Kota Bogor.

Miftahul ‘Ulum terbagi menjadi tiga pengajaran, yakni TK, madrasah diniyah, dan santri. Santri yang bermukim di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum ini memang terbilang sedikit, hanya sekitar sepuluh orang. Kalau yang pulang pergi (santri kalong),
terbilang cukup banyak.

Pendiri serta pengelola pesantren, Fuad Fithrie mengungkapkan, pengajaran yang sedang dijalankan saat ini, yakni pengajaran untuk TK di pagi hari, kemudian pengajian sore untuk anak-anak madrasah.

Setelah magrib sampai pukul 21.00, diadakan pengajian malam untuk anak SMP dan SMA, bahkan ada yang kuliah juga ikut mengaji. “Insya Allah ilmunya masih tetap bermanfaat,” bebernya.

Karena yang bermukim sangat sedikit, makanya selalu diadakan kegiatan pengajian atau salawat. Untuk ibu-ibu biasanya dilakukan pengajian tiap Jumat, ada pula pengajian salawat bapak-bapak. Lalu, pada Minggu pagi ada pengajian umum. Khusus di Ramadan ini, kegiatan pengajian diperbanyak.

Fuad menyampaikan bahwa pesantren sekarang, terutama untuk Miftahul ‘Ulum ini, banyak mengalami penurunan dan santrinya tidak ada. “Nampaknya perlu diubah sistemnya dan seharusnya dipadukan dengan sekolah formal,” tuturnya.

Masih kata Fuad, setiap Ramadan ada pengajian kuliah subuh dari pukul 05.30–06.30, dan mubalignya berganti-ganti setiap hari. Dilanjut dengan salat Dhuha dan tadarusan. Jamaah kuliah subuh tidak hanya untuk santri, namun juga untuk masyarakat sekitar pesantren. Bahkan, terkadang dari berbagai daerah terdekat juga ikut serta.

Untuk kegiatan buka puasa bersama, kata Fuada, selalu ada. Namun, karena saat ini Ramadan baru memasuki beberapa hari, jadi biasanya belum ada acara buka puasa bersama. Salat Tarawihnya juga dilakukan di pesantren.(cr4/c)