25 radar bogor

Merapi Kembali Erupsi, Ketinggan Semburan Asap Mencapai 6.000 Meter

Gunung Merapi saat kembali mengalami erupsi beberapa waktu lalu.
Gunung Merapi saat kembali mengalami erupsi pada Kamis (24/5/2018).

YOGYAKARTA-RADAR BOGOR, Erupsi Merapi kembali terjadi pada Kamis (24/5/2018) pukul 03.04 WIB. Tinggi kolom asap pada letusan kali ini mencapai 6 ribu meter.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan mengatakan, letusan tersebut berdurasi sekitar 4 menit. “Letusan minor. Asap mengarah ke barat,” katanya, Kamis (24/5) pagi.

Pengamatan secara visual maupun dari Closed Circuit Television (CCTV) masih tertutup kabut. Meski ada aktivitas, masyarakat tetap diimbau untuk tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa dengan meningkatkan kewaspadaannya.

Ketika beraktivitas di luar rumah juga diimbau untuk menggunakan alat pelindung diri. Seperti masker, kacamata, jaket, penutup kepala, maupun kaus kaki.

Ia juga menyebut, saat ini warga lereng Merapi di wilayahnya yang memilih bermalam di tempat pengungsian ada ratusan orang.

Tersebar di 2 titik, yaitu di Balai Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan, ada 188 jiwa. “Untuk titik kumpul di Turgo (Purwobinangun, Pakem) ada 75 jiwa,” ucapnya. (ysp)