25 radar bogor

Video Detik-detik Pesawat Saudi Arabian Mendarat Darurat Tanpa Roda Depan

RADAR BOGOR-Penerbangan Saudi Arabian Airlines (Saudia) dari Madinah ke Dhaka melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah. Peristiwa itu mengakibatkan lebih dari 50 penumpang terluka.

Biro Investigasi Penerbangan Arab Saudi, dalam laporan awalnya, mengatakan bahwa 52 penumpang menderita luka ringan.

Penerbangan SV3818 mengalami kerusakan roda depan, lalu terpaksa memutari sekitar Jeddah selama beberapa jam sebelum mendarat dengan selamat pada pukul 22.00 waktu setempat.

Dikutip dari arabianbusiness.com, Rabu (23/5/2018), sebanyak 141 penumpang dan sepuluh awak kemudian dievakuasi melalui perosotan darurat Airbus 330.

Juru bicara Saudi Arabian Airlines, Abdulrahman al-Tayeb, menjelaskan bahwa penerbangan itu lepas landas dari Madinah pada Senin 21 Mei pukul 20.00 malam waktu setempat. Menuju Bandara Dhaka di Bangladesh.

Pada awal penerbangan, pilot pesawat Saudi itu mendeteksi ada masalah pada sistem hidrolik pesawat sehingga diputuskan untuk mengalihkan penerbangan ke Jeddah.

“Ketika upaya pendaratan dilakukan, roda depan tidak bisa diturunkan,” kata al-Tayeb kepada media lokal.

“Setelah beberapa kali mencoba, mereka memutuskan untuk mendarat tanpa menurunkan roda depan. Semua tindakan pencegahan yang diperlukan sudah dilakukan. Pesawat mendarat dengan selamat bersama 141 penumpang dan 10 awak,” papar al-Tayeb.

Berikut ini rekaman detik-detik pendaratan darurat pesawat tersebut yang terekam netizen.

(ysp)