25 radar bogor

PMI Butuh 2.250 Kantong Darah

foto rani/radar bogor BERBAGI: Mal BTM menggelar donor darah yang bekerja sama dengan bank darah PMI Kota Bogor, kemarin (22/5).

BOGOR–RADAR BOGOR,Bank Darah PMI Kota Bogor membutuhkan setidaknya 2.250 kantong darah selama bulan puasa ini. Saat ini, stok awal darah PMI Kota Bogor tersisa 750 kantong darah. Bagian unit pengambilan darah PMI Kota Bogor Sofyan Hanafi mengatakan, sedikitnya stok kantong darah yang tersedia karena ada penguluran waktu mendonor oleh para pendonor.

“Biasanya untuk bulan puasa, pendonor ada yang dimajukan waktu mendonornya. Tapi ada juga yang banyak diundur setelah puasa,” ujarnya di sela-sela kegiatan donor darah di Mal BTM, kemarin (22/5).

Berkurangnya stok darah, kata dia, memang merupakan siklus tahunan. Biasanya golongan darah yang paling sulit ketersediannya adalah A dan AB. Mengantisipasi kekurangan stok darah, pihaknya selalu menganjurkan agar warga yang membutuhkan darah bisa membawa orang pengganti.

“Jadi, ketika stok dikeluarkan langsung diganti. Sehingga stok darah stabil. Namun, ini dilakukan secara sukarela tanpa paksaan,” bebernya.

Ia pun berharap agar selesai bulan puasa banyak pendonor yang kembali mendonorkan darahnya. Sebab jika stok darah di angka 500, maka itu masuk di kondisi gawat. Lantaran kebutuhan darah di Kota Bogor setiap bulan cukup tinggi, yakni di angka 3.000 kantong darah.

“Jadi, kalau stoknya kurang dari 500 itu sangat kekurangan sekali,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Marcom Manager BTM Sisko Delgado menambahkan, donor darah ini menjadi salah satu kegiatan untuk mengajak masyarakat berbagi dalam bentuk darah.

“Banyak kegiatan berbagi di bulan Ramadan. Nah, kali ini berbeda, yaitu dengan berbagi darah,” ucapnya. (ran/c)