25 radar bogor

Karyawan Rumah Makan Lupa Matikan Kompor, Perabotan Dapur Hangus

Akibat kebakaran dapur di rumah makan Frangipani di Jalan Raya Jemursari nomor 138 Surabaya. (dok.Radar Surabaya)
Akibat kebakaran dapur di rumah makan Frangipani di Jalan Raya Jemursari nomor 138 Surabaya. (dok.Radar Surabaya)

SURABAYA-RADAR BOGOR,Gara-gara karyawan lupa mematikan kompor, dapur rumah makan Frangipani di Jalan Raya Jemursari nomor 138, terbakar Senin malam (21/5). Akibat kebakaran itu perkakas dapur hangus. Namun kebakaran tidak meluas karena berhasil dipadamkan karyawan menggunakan alat pemadam ringan.

Dari informasi yang didapat, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.20. Awalnya karyawan baru saja memasak di dapur. Namun selepas memasak kompor tidak dimatikan.

Beberapa saat kemudian api kompor membesar dan menyala membara. Lalu api meluas dan membakar perkakas dapur. Tak berselang lama, karyawan yang tahu akan kejadian itu berusaha memadamkan api dengan alat pemadam ringan.

Salah satu karyawan meneruskan informasi itu ke pihak pemadam kebakaran Kota Surabaya. Kabid Operasional PMK Kota Surabaya Bambang Vistadi mengatakan, menindaklanjuti laporan itu tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Rungkut dikerahkan. Namun sesampainya di lokasi api sudah padam.

“Api sudah padam karena dipadamkan karyawan menggunakan pemadam ringan,” ucap Bambang saat dikonfirmasi lewat telepon selulernya, Selasa (22/5).

Petugas yang datang langsung melakukan penyisiran untuk mengendalikan lokasi supaya kondusif. Sekitar pukul 19.57 akhirnya TKP dinyatakan kondusif.

Kapolsek Wonocolo Kompol Budi Nurtjahjo mengatakan, peristiwa nyaris terbakarnya rumah makan tersebut, bermula pada saat koki yang bernama Sanuri selesai menggoreng masakan, lalu lupa mematikan kompor.

“Sehingga minyak goreng panas dan apinya naik ke penyedot asap lalu membakar penyedot asap tersebut,” kata Budi Nurtjahjo. (sb/rus/jek/JPR)