25 radar bogor

Tak Ingin Terus Menjadi Sorotan, Kemenag Bakal Perbaiki Daftar 200 Mubalig

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tak ingin terus menuai sorotan dari publik terkait daftar 200 mubalig, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan akan menindaklanjuti mubalig dengan mengundang sejumlah organisasi masyarakat. Hal ini diutarakan saat menemui KH Ma’ruf Amin di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Nanti ada pertemuan khusus antara MUI mengundang ormas Islam. Kemudian memperbaiki dan menyempurnakan dari daftar sudah dirilis Kementerian Agama,” ujar  Menag, Selasa (22/5/2018).

Dikonfirmasi lebih lanjut mengenai rilis tersebut, Lukman enggan mengomentari lebih lanjut. Dengan singkat, ia mengatakan kunjungannya kali ini ke MUI sebagai bentuk koordinasi biasa. “Ini hanya koordinasi biasa saja,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, pihaknya menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait nama mubalig yang bisa mengisi kegiatan keagamaan mereka.

“Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig,” kata Lukman di laman resmi Kemenag.

Menurut Menag, pada tahap awal, Kementerian Agama merilis 200 daftar nama mubalig. Tidak sembarang mubalig, tetapi hanya yang memenuhi tiga kriteria, yaitu mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

Daftar nama tersebut merupakan rilis awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlah daftar ini tentu akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak.

“Nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria itu. Namun, para mubalig yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut. Artinya, data ini bersifat dinamis dan akan kami ‘update’ secara resmi,” ujar Menag. (ysp)