25 radar bogor

Selama Puasa Permohonan Akta Lahir Menurun

PAKAI MATERAI PALSU: Petugas pelayanan Kantor Desa Pasir Jaya mengembalikan dokumen akta kelahiran yang bermaterai palsu, kemarin.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Permohonan pembuatan akta lahir di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor turun drastis selama Ramadan. Pada hari biasa, Disdukcapil minimal melayani 800 permohonan pembuatan akta kelahiran.

Tetapi, sepanjang Ramadan, dalam satu hari tidak lebih dari 200 permohonan. Menurut Kepala Bidang Pencatatan Sipil (Capil) Disdukcapil Kabupaten Bogor Trini Syahmina mengatakan, hari pertama dan kedua puasa, permohonan pembuatan akta kelahiran tidak sampai 100 berkas.

”Penurunan mungkin karena kami menurunkan jumlah nomor antrean dari hari biasa,” ujarnya.

Untuk satu loket, antrean hanya tersedia 250 nomor. Jumlah ini menurun jika dibandingkan sebelum Ramadan yang menyiapkan 350 nomor. ”Bulan puasa kami hanya buka satu loket,” ucapnya.

Meski demikian, penurunan ini tidak memengaruhi target penerbitan akta lahir. Disdukcapil bahkan telah melampaui target 80 ribu lembar akta lahir. ”Hingga saat ini kami sudah menerbitkan 100.500 lembar akta kelahiran. Ini sudah melampaui target,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Seksi Pelayanan Akta Kelahiran dan Kematian Disdukcapil Kabupaten Bogor, Suparno menyebut, tahun ini pembuatan akta kelahiran meningkat dua kali lipat dibanding 2017.

Ia pun menjamin stok blanko akta kelahiran di Kabupaten Bogor aman hingga lima tahun ke depan.

”Kami prediksi hingga akhir tahun pembuatan akta hingga 100 ribu. Tapi masih cukup kok blanko hingga lima tahun ke depan,” tandasnya. (wil/c)