25 radar bogor

Puan Sebut Sudah Ada Daftar Nama Cawapres Jokowi, Siapa Saja?

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua DPP PDIP bidang Politik dan Keamananan nonaktif Puan Maharanikembali mengatakan, daftar nama calon wakil presiden untuk Joko Widodo atau Jokowi sudah ada. Namun, belum saatnya diumumkan.

“Sudah ada beberapa nama dan list namanya. Tapi ini kan belum waktunya. Masih ada waktu untuk kita mempertimbangkan nama-nama tersebut,” ucap Puan usai menghadiri acara Sarasehan Nasional Keluarga Bangsa ICMI dengan tema Refleksi 20 Tahun Reformasi di Hotel Grand Sahid, Indonesia, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Dia menuturkan, nama-nama bakal cawapres Jokowi itu tidak hanya dari parpol, tapi juga dari kalangan lain.

“Ya bisa dari mana saja,” ungkap wanita yang kini duduk sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tersebut.

Saat disinggung soal hasil berbagai survei, yang menempatkan nama Agus Harimurti Yudhoyono sebagai cawapres yang difavoritkan mendampingi Jokowi, Puan memberi jawaban diplomatis.

“Boleh-boleh saja. (Tiap survei) mempunyai metodologi dan sampling masing-masing. Partai juga mempunyai survei,” pungkas Puan.

Sebelumnya Charta Politika Indonesia merilis tiga nama yang dianggap paling diinginkan sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo.

Ketiga nama itu diperoleh dari hasil survei yang baru-baru ini digelar. Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan, dan Gatot Nurmantyo.

Berdasarkan survei, nama AHY menempati posisi pertama jika dipasangkan dengan Jokowi. Sedangkan dua nama lainnya yakni Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan.

“Berdasarkan survei semi terbuka, elektabilitas AHY jika bersanding dengan Jokowi sebesar 11,8 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya di Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

Sementara untuk Gatot Nurmantyo jika bersanding dengan Jokowi elektabilitasnya 11,5 persen, dan Anies Baswedan 9,1 persen. (ysp)