25 radar bogor

Misteri Hilangnya MH370, Pilot Diduga Sengaja Bunuh Diri

KUALA LUMPUR-RADAR BOGOR,Hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 masih menjadi misteri hingga sekarang. Tidak seorang pun yang tahu penyebab pesawat Boeing 777 itu tiba-tiba hilang dari radar.

MH370 sedang dalam penerbangan dengan rute Kuala Lumpur-Beijing pada 8 Maret 2014. Mengangkut 239 orang di dalamnya ketika pesawat itu menghilang secara tiba-tiba.

Analisis data satelit menunjukkan, MH370 kehabisan bahan bakar dan jatuh di Samudera Hindia sebelah barat Australia. Pakar yang juga pernah memimpin pencarian MH370 selama dua tahun menyimpulkan, kapten pilot dengan sengaja menabrakkan pesawat malang itu.

Martin Dolan mengatakan, Kapten Zaharie Amad Shah dengan cermat telah merencanakan misi bunuh diri itu.

“Kecelakaan ini sudah direncanakan. Ini disengaja, dan itu direncanakan sudah sejak lama,” kata Dolan di edisi khusus program 60 Menit Australia.
Kapten Zaharie, 53 tahun, didampingi oleh co-pilot yang tidak berpengalaman bernama Fariq Abdul Hamid.

Penerbangan pada 8 Maret 2014 itu adalah penerbangan pertama Abdul Hamid tanpa pengawasan pelatih pilot. Dolan berani menyimpulkan kasus MH370 adalah disengaja setelah mempelajari laporan tentang penggeledahan di rumah Kapten Zaharie.

Rumah Kapten Zaharie di Kuala Lumpur digeledah aparat. Hasilnya, sebuah komputer disita enam hari setelah MH370 dinyatakan hilang. Di dalam komputernya terdapat program simulator penerbangan yang digunakan Kapten Zaharie untuk berlatih mengalihkan penerbangan.

Bukan hanya Dolan yang punya kesimpulan bahwa kecelakaan yang menimpa MH370 dilakukan secara sengaja. Beberapa puing-puing milik MH370 diduga hanyut atau tenggelam di sepanjang pantai samudera terluas itu. Misi pencarian pun dibatalkan pada Januari 2017.(ysp/dre/gua)