Beranda Metropolis

Meriahnya Wisuda di Pura Angkasa Amerta

SUNGKEM:Para siswa bersimpuh atau sungkem di hadapan orang tuanya masing-masing.

BOGOR–RADAR BOGOR,Bertempat di Pura Angkasa Amerta Dharmajati, Jalan Raya Semplak, Bogor Barat, diadakan wisuda secara ritual agama Hindu, Minggu (20/5). Sebanyak tujuh siswa dari pasraman (sekolah Minggu) yang lulus SMA mengikuti acara wisuda, atau dalam bahasa Sanskerta disebut Samawartana Samskara.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu, diawali dengan persembahyangan bersama, dilanjutkan pemberian sertifikat tanda kelulusan, pemberian ucapan terima kasih kepada para guru dan pemuka agama (pinandita).

Sebagai puncak acara, para siswa bersimpuh atau sungkem di hadapan orang tua masing-masing untuk menghaturkan rasa terima kasih dan memohon doa agar diberikan kelancaran untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Suasana menjadi haru baik siswa, orang tua maupun yang hadir pada saat itu.

Ketua Pura Angkasa Amerta, Nengah Aryana menyatakan, acara ritual seperti ini diadakan agar generasi muda juga me­ngetahui dan bisa meneruskan ritual di masa yang akan datang.

“Siswa juga diajar­kan untuk selalu beryukur dan me­nyampaikan rasa terima kasih kepada guru, orang tua, dan seluruh pembina selama mereka menuntut ilmu di pasraman,” papar Nengah. (ran/*)

Baca Juga