25 radar bogor

Kukuhkan Pasukan Merah Putih

PEMBINAAN: Kalapas kelas II Cibinong memakaikan rompi kepada narapidana. WILDA/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR,Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Har­kitnas) ke-110 di Lapas Kelas II A Cibinong, kemarin (21/5). Ya, dalam peringatan ini pihak Lapas Cibinong mengadakan sejumlah kegiatan dengan melibatkan narapidana.

Dalam kegiatannya, lapas mengajak 11 narapina bersih-bersih di lingkungan lapas, termasuk mengecat bangunan.

”Sebagai salah satu wujud pem­binaan di lapas, kegiatan ini menunjukkan bahwa narapidana juga mampu dan dapat dipercaya untuk melakukan pengabdian kepada negeri,” ujar Kalapas Kelas II A Cibi­nong Agung Krisna.

Rangkaian peringatan Harkitnas dilanjutkan dengan upacara bendera dan pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana. Pasukan ini adalah sejumlah narapidana yang terpilih untuk mengikuti pelatihan pertukangan, hasil kerja sama Lapas Cibinong dengan Pemda Kabupaten Bogor.

Menurut kalapas, bekal life skill dalam bentuk pelatihan pertukangan yang diberikan kepada narapidana dapat berguna setelah mereka bebas.

”Sehingga mereka memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dan mengentaskan diri dari masalah kesejahteraan sesuai dengan semangat Harkitnas,” pungkasnya. (wil/c)