25 radar bogor

Kepsek Harus Ada Regenerasi

Adang Suptandar saat masih menjabat Sekda Kabupaten Bogor.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Adang Suptandar melantik 184 kepala sekolah SMPN dan SDN. Pelantikan dilakukan di gedung serbaguna 1, Jumat (18/5).

Dalam sambutannya, Adang mengingatkan para kepala sekolah bahwa tanggung jawab jabatan yang mereka emban sangatlah berat. Mengingat, kepala sekolah harus bertanggung jawab atas kualitas ratusan, bahkan ribuan peserta didik yang akan menjadi kunci utama dan penentu wajah masa depan bangsa.

”Para kepala sekolah harus memiliki komitmen yang sungguh-sungguh untuk mengambil bagian secara aktif untuk mencapai misi yang diemban Pemkab Bogor, yaitu meningkatkan aksesibilitas dan kualitas penyelenggaraan pendidikan,” ujar sekda.

Di samping itu, sekda juga menjelaskan bahwa pengang­katan kepala sekolah selalu ter­kait dengan program pe­riodisasi yang tertuang dalam Permendiknas Nomor 6 Tahun 2018. Sistem periodisasi ini juga menjadi dasar penempatan tugas sebagai kepala se­kolah.

Selain itu, memberikan ruang bagi terciptanya regenerasi dan penyegaran organisasi serta mendorong terciptanya lingkungan pembelajaran baru yang kreatif.

”Sistem periodisasi ini meng­gambarkan tentang batasan hak dan kewajiban sebagai kepala sekolah. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada para guru,” imbuhnya.(wil/b)