25 radar bogor

Kapan Bankeu Dicairkan?

LENGANG: Jalan alternatif utara yang masuk program pembangunan, terpaksa dihentikan karena tidak ada anggaran. ANDIKA/RADAR BOGOR

MEGAMENDUNG–RADAR BOGOR,Hampir seluruh kepala desa se-Kecamatan Megamendung masih menunggu bantuan keuangan (bankeu) yang rencananya dialokasikan untuk membangun jalur alternatif utara. Jalur ini diperlukan s­ebagai solusi pemecah kema­cetan di kawasan Puncak.

Sementara, saat ini pemba­ngunan terpaksa dihentikan karena tidak adanya anggaran. Menurut Kepala Desa Cipayung Cacu Budiawan, seharusnya pembangunan sudah selesai dikerjakan.

”Kalau saja bankeu saat itu tidak bermasalah, kemungkinan jalur ini sudah ramai dilintasi kendaraan yang mau ke Puncak,” ucapnya.

Menurutnya, jalur ini tidak hanya sebagai salah satu solusi pemecah kemacetan kawasan Puncak. Namun juga diproyeksikan bisa membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar. Ia pun optimistis pembangunan bisa dilan­jutkan.

Sementara, Kepala Desa Pasir Angin Endang Setiawan menyebut jika jalur alternatif ini harus segera selesai karena sangat dibutuhkan warga. ”Saya ingin cepat selesai,” imbuhnya.

Seperti diketahui, jalur alternatif utara ini melintasi empat desa, yakni Pasir Angin, Cipayung, Cipayung Girang dan Megamendung. Pemba­ngunan tak dilanjutkan lantaran bankeu gagal cair pada 2017 lalu.(dka/c)