25 radar bogor

Diam-diam Harga Pertalite Naik Jadi Rp8.150 per Liter, Ini Kata Pertamina

Ilustrasi sepeda motor dilarang beli pertalite
Ilustrasi sepeda motor dilarang beli pertalite

JAKARTA-RADAR BOGOR, Isu soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite tengah viral di media sosial. Hal itu muncul dari beberapa meme yang menyebutkan Pertalite naik Rp 350 per liter.

“Cie.. cie.. diam2 PERTALITE naik lagi dari 7.800 Jadi 8.150 Rupiah. Naiknya 350 Rupiah…,” demikian bunyi kalimat dalam meme tersebut.

Bahkan ada juga meme dalam bentuk berita di sebuah web dengan judul ‘Diam-diam Harga Pertalite Naik Rp350 Menjadi Rp8.150/Liter’. Meme tersebut beredar di grup-grup whatsapp.

Menanggapi soal kenaikan harga Pertalite itu, External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita memastikan bahwa informasi tersebut bohong.

Menurutnya, Pertamina selalu memberikan informasi kenaikan harga BBM di situs resmi perseroan.  “Hoax itu,” kata dia kepada JawaPos.com, Selasa (22/5).

Akun instagram resmi Pertamina juga sudah membantah isu tersebut melalui fitur ini story mereka. Disana dituliskan bahwa informasi kenaikan harga Pertalite adalah hoax.

“Harga BBM resmi Pertamina yang update bisa dicek di situs resmi Pertamina www.pertamina.com,” tulisnya.

Sebelumnya, Direktur Supply Chain, Logistik dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo mengatakan, Pertamina sebagai badan usaha milik negara sepenuhnya milik negara. Dengan demikian, maka kenaikan harga BBM akan dikonsultasikan dengan pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary Pertamina Syahrial Mukhtar mengatakan, perseroan tentu mengikuti semua ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Pada intinya, jikapun ada kenaikan harga tentu sudah dilakukan dengan perencanaan yang matang. (ysp)