25 radar bogor

Rampok Sasar Minimarket, Rp200 Juta Dijarah dari Brankas

Ilustrasi pembegalan (Agung.W/Radar Bogor)

JAKTIM–RADAR BOGOR,Indomaret di Jalan Utan Kayu, Jakarta Timur, jadi sasaran perampokan. Dalam aksinya kali ini, tiga pelaku bersenjata api berhasil menggondol uang tunai Rp200 juta lebih dari dalam brankas toko.

Aksi perampokan itu terjadi pada Jumat dini hari (18/5) sekitar pukul 03.00 WIB. Dari keterangan karyawan Indomaret yang buka 24 jam tersebut, Dodi, saat kejadian tiga pelaku yang menggunakan mobil jenis Toyota Avanza warna putih masuk ke halaman minimarket.

Selanjutnya, tiga pelaku yang mengenakan penutup kepala dan masker langsung turun dari mobil. Satu pelaku yang menenteng senpi masuk minimarket, sedangkan dua pelaku lain menunggu di luar pintu masuk minimarket.

Begitu pelaku masuk, langsung menodongkan senpinya ke wajah Dodi, disusul dua pelaku lain masuk ke toko.

”Salah satu pelaku itu langsung nodongin senpi ke saya. Terus dia bilang ’Elo ngelawan, elo gua matiin. Sekarang elo diem, tunjukin aja di mana brankasnya!’ Karena takut ya sudah saya tunjukin aja,” ungkap Dodi saat menceritakan peristiwa itu.

Dalam hitungan detik, Dodi dan rekannya langsung digiring para pelaku ke lantai dua bangunan untuk menunjukkan lokasi brankas penyim­panan uang. Setelah mendapatkan kunci brankas, pintu brankas langsung dibuka dan seluruh uang hasil penjualan selama satu pekan sebesar Rp 200 juta digasak habis.

Bukan hanya itu, para pelaku juga menjarah uang di laci kasir sekitar Rp5 juta dan satu selop rokok.

Usai menjarah, ketiga pelaku kabur menuju arah Rawamangun, Jakarta Timur. Beruntung dalam kejadian itu, Dodi dan temannya sesama karyawan minimarket tidak dilukai para pelaku.

Kedua karyawan itu baru berani turun ke lantai satu setelah satpam ruko naik ke lantai dua untuk menjemput. Awalnya satpam dan beberapa konsumen curiga karena tak menemukan satu pun karyawan di toko itu.

Aparat Polres Jakarta Timur dan Polsek Mataraman yang diberitahukan terulangnya perampokan minimarket pun langsung mendatangi lokasi. Usai menggelar olah TKP dan meminta keterangan korban, polisi langsung membawa hasil rekaman CCTV guna mengindetifikasi pelaku.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur AKBP Sapta Maulana menjelaskan, kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 03.00. ”Para pelaku lalu meminta kunci brankas dan menggiring kedua pegawai menuju lantai dua. Saat ini kami sedang berusaha keras untuk menangkap pelakunya,” ucapnya.

Sehari sebelumnya, pada Kamis (17/5), minimarket di Jalan Raya Pondok, Gede Lobang Buaya, Jakarta Timur, juga dirampok tiga pelaku yang menggunakan senjata api. Para pelaku yang juga mengenakan penutup kepala dan masker mulut berhasil menggondol uang tunai dari dalam brankas sebesar Rp 12 juta.

Sebelum kabur, pelaku bahkan merampas kartu tanda pengenal karyawan dan seragam karyawan milik Bagas seraya mengancam akan mencarinya dan mem­bunuhnya kalau berteriak minta tolong. Dari rekaman CCTV diketahui tiga pelaku mengendarai dua unit motor.

Tak hanya itu, dua minimarket juga dirampok di Jakarta Timur dan Depok, yakni minimarket di Jalan Raya Bogor, Kecamatan Kramat Jati, pada Selasa (8/5); dan minimarket di Jalan RTM Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok pada Kamis (27/4). (ind/cr2)