25 radar bogor

Puasa Tanpa Gangguan Kulit

JAGA KULIT: Perawatan kulit selama bulan Ramadan perlu dilakukan agar kulit tetap segar dan sehat.

BOGOR–RADAR BOGOR, Puasa bukan berarti membuat seseorang bermalas-malasan dan lemas. Namun, karena penyesuaian jam tidur dan aktivitas, tak jarang wajah pun ikut-ikutan menjadi kusam saat pagi hari. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap segar dan sehat saat puasa?

Kulit manusia memiliki proses regenerasi secara natural setiap 28 hari sekali. Jika tidak dilakukan perawatan khusus, kulit akan menjadi kering, terlihat kusam, berjerawat, serta masalah kulit lainnya.

“Pada saat berpuasa kulit dan bibir cenderung mengalami kekeringan. Hal tersebut diakibatkan kurangnya asupan makanan dan minuman, terjadinya perubahan pola makan serta pola tidur pada tubuh kita,” ujar dr Lia Femiliwati, anggota Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor.

Ditemui di kliniknya, bilangan Semplak, Kota Bogor, Lia menu­tur­kan, kulit merupakan sa­lah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya.

Dengan demikian, agar kulit dan bibir tidak mengalami kekeringan saat berpuasa, ada beberapa tahapannya. Di anta­ranya, usahakan minum air putih sebanyak dua liter atau dela­pan gelas air dalam sehari.

Air putih ini, lanjut Lia, untuk menjaga kulit dari dehidrasi selama beraktivitas. Metodenya beragam. Mulai dari dua gelas ketika berbuka puasa, satu gelas sebelum tarawih, satu gelas setelah tarawih, dan satu gelas sebelum tidur.

Sisanya, satu ge­las ketika bangun tidur, dua gelas ketika sahur. “Nah, disa­rankan untuk tidak banyak me­ng­onsumsi air teh dan kopi pada saat berpuasa,” cetus Lia.

Penyeimbangan asupan juga dijaga, dengan mengonsumsi buah dan sayur. Karena buah dan sayur, kata Lia, mengandung banyak kandungan air di dalamnya. Kandungan vitamin dan air dalam buah dan sayur dapat memberikan nutrisi pada kulit.

“Buah yang disarankan untuk dikonsumsi, misalnya se­mangka dan jeruk karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. Buah yang cocok saat Ramadan,” terangnya.

Di samping buah, minum su­plemen vitamin dan antiok­sidan amat dibutuhkan tubuh. Terdapat banyak suplemen yang dijual bebas di pasaran. Namun, perlu memilihnya sesuai keinginan dan kebu­tuhan. (don/c)