25 radar bogor

Pemkot Terbaik Ketiga Penyampaian LKPD

PRESTASI: Pemkot Bogor meraih peringkat ketiga Treasury Award Tahun Anggaran 2017.

BOGOR–RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali menorehkan prestasinya di tingkat Provinsi Jawa Barat. Kali ini, penghargaan didapat di ajang penganugerahan Treasury Award Tahun Anggaran 2017 yang diselenggarakan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jabar.

Dalam penganugerahan tersebut, penyampaian LKPD terbaik diraih oleh Kabupaten Sukabumi, kemudian terbaik kedua diraih oleh Kota Banjar. Penghargaan diserahkan langsung pelaksana harian (Plh) Gubernur Jawa Barat Iwa Karniwa di gedung Dwi Warna, Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat, Jumat (18/5).

Penghargaan yang diterima oleh Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman itu dianggap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor sebagai sebuah prestasi. Pasalnya, untuk mencapai peringkat ketiga, perlu ketepatan watu penyampaian LKPD dan kelengkapan data dari Pemkot Bogor. Kelengkapan data itu berupa lampiran bukti-bukti ketika membuat LKPD.

“Sebenarnya kalau LKPD ini memang menjadi kewajiban pemerintah daerah, tapi ternyata tidak semua pemerintah daerah mampu membuat LKPD dengan kelengkapan data dan dengan tepat waktu,” jelasnya kepada wartawan.

Dua kriteria itu kemudian menjadi penilaian sekaligus evaluasi dari Kanwil DJPb Provinsi Jabar. Meski belum mendapat peringkat satu, namun menurutnya, Kota Bogor sudah berhasil unggul dari 27 kota/kabupaten yang ada di Provinsi Jabar. “Kami sangat bersyukur dengan perolehan ini, dan berterima kasih khususnya kepada BPKAD Kota Bogor,” terangnya.

Ade mengatakan, penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi Pemkot Bogor untuk mening­katkan kinerja dalam mengelola keuangan. Ia tak memungkiri bahwa masih ada hal yang harus diperbaiki sehingga belum bisa meraih peringkat pertama.

“Jadi, nanti dievaluasi lagi apa yang masih kurang sehingga nanti ke depan bisa menjadi peringkat pertama. Apalagi, Kota Bogor sudah berkomitmen menjadikan pemerintahan yang bersih dan transparan,” kata Ade.(fik/c)