25 radar bogor

Lagi! Gunung Merapi Semburkan Letusan Freatik, Warga Diimbau Tetap Tenang

Ilustrasi Gunung Merapi erupsi

 

YOGYAKARTA-RADAR BOGOR, Gunung Merapi kembali mengalami letusan freatik pada Senin dini hari (21/5/2018) sekitar pukul 01.25 WIB.

Demikian disampaikan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), PVMBG, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Telah telah terjadi letusan freatik kecil atau hembusan pada 21 Mei 2018 pukul 01.25 WIB selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 m teramati dari Pos Babadan. Amplitudo seismik terukur 20 mm. #statusnormal,” demikian disampaikan BPPPTKG melalui akun twitternya @BPPTKG.

Masyarakat diimbau tidak panik dan beraktivitas seperti biasa serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi.

“02:59 Rekomendasi : Masyarakat untuk tidak panik dan beraktifitas seperti biasa serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi. #statusnormal,” cuit @BPPTKG.

BPPTKG juga menyebutkan, letusan freatik kali ini lebih kecil daripada yang terjadi 11 Mei 2018 lalu. Karena itu, warga Merapi dimohon tetap tenang.

Sementar itu, pasca Gunung Merapi kembali mengalami letusan freatik, terjadi hujan abu di beberapa lokasi sekitar Merapi.

“Hujan abu tipis terjadi di Kemiren dan Kaliurang Srumbung. Tapi masih di sekitar puncak Merapi. Agak jauh dari permukiman,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/5/2018).

Dia mengatakan, status Gunung Merapi saat ini masih normal atau level I. (ysp)