25 radar bogor

Karakter Orang Tua Pengaruhi Pendidikan Anak

PEDULI PENDIDIKAN: SMK Pariwisata Metland menggelar seminar parenting bersama orang tua siswa-siswi tahun ajaran baru di atrium Metropolitan Mall, Cileungsi, kemarin (20/5).

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Perkembangan anak sekarang atau lebih sering disebut kids zaman now me­mang sangatlah berbeda dengan anak-anak pada era sebe­lumnya. Harus diakui, mendidik mereka tidak mudah, khususnya dalam pembentukan karakter.

Melihat hal tersebut, SMK Pariwisata Metland, meng­gelar seminar parenting bersama orang tua siswa-siswi tahun ajaran baru di atrium Metropolitan Mall, Cileungsi, kemarin (20/5).

Panitia juga mengundang tim Pengem­bang Nasional Pendi­dikan Karakter dr Kama Abdul Hakam serta trainer and social worker Chichi Sukardjo. Pada kesem­­patan itu, Chichi menga­takan, peranan orang tua dalam pen­didikan karakter anak sangatlah penting.

Karena, orang tua harus menjadi figur bagi anak saat usia produktif. ”Kalau sekolah sifatnya hanya partner. Tapi orang tua lebih memiliki peranan untuk anak. Karena, orang tua merupakan pemberian Allah kepada anak, bukan sekolah, “ujarnya.

Dia menjelaskan, sebagai orang tua yang perlu dilakukan dalam memberikan pendidikan karakter kepada anak yakni perlunya menguatkan spiritual anak sebagai permulaan.

Patut­nya, orang tua bisa mengam­barkan wujud dari pasangan saleh dan saleha kepada anak. ”Nah dari situ kemudian, ketika kita men­didik anak dimulai dari spiritual­nya. Karena pen­didikan karakter yang paling kuat ialah bounding dengan Tu­han,” ungkapnya.

Berkaitan dengan SMK dalam pendidikan karakter, kata Chichi, sekolah-sekolah keju­ruan tidak mendahulukan otak, melainkan keterampilan secara khusus. Sehingga, life style dari SMK terkesan lebih tinggi.

”Melalui life style karakter anak akan juga terbentuk. Nah, ini yang perlu disandingkan dengan spiritual­nya. Karena segala apa pun yang dikaitkan dengan spiritual ke depannya akan menciptakan sesuatu yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, Pengawas SMK Korwil Cileungsi Dina Mar­tha Tiraswati sangat me­nga­presiasi kegiatan yang dilak­­sanakan SMK Pariwisata Met­­land kaitan­nya dengan pen­didikan karakter anak.

Sebe­tulnya, kata dia, inilah yang dibutuhkan setiap sekolah. Sehingga, permasala­han sekolah yang berkaitan dengan anak didik bisa diatasi sejak dini.(cr2/c)