25 radar bogor

Harga Bawang Masih Tinggi

MASIH TINGGI: Selain cabai, harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional masih tinggi. Salah satunya di Pasar Induk Kramat Jati Jaktim.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Memasuki hari keempat Ramadan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, masih tinggi lantaran permin­taan pasar yang meningkat.

”Harga dari produk sudah mahal dan stok juga terbatas,” ujar Asmen Usaha dan Pengem­bangan Pasar Induk Kramatjati Syarif Hidayatullah di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur.

Ia menyebutkan, untuk jenis bahan pokok yang mengalami kenaikan harga di antaranya bawang merah dan cabai rawit merah. Perbandingan dari harga tiga hari lalu, harga bawang merah naik 10 persen, dari Rp23 ribu per kilogram, menjadi Rp25 ribu per kilogram.

Sementara, untuk cabai merah keriting naik dari Rp18 ribu per kilogram, menjadi Rp22 ribu per kilogram.

”Untuk harga cabai rawit merah naik 5 persen di harga Rp21 ribu per kilogram, cabai rawit hijau naik 6 persen di harga Rp18 ribu per kilogram, dan cabai merah turun 7 persen di harga Rp27 ribu per kilogram,” katanya.

Syarif menegaskan, harga bahan pokok tahun ini relatif lebih rendah dibandingkan harga di tahun sebelumnya. ” Kalau perbandingan dengan hitungan hari harga relatif naik, tapi kalau dibandingkan harga tahun lalu harga relatif turun,” katanya.

Di tempat yang sama, petugas informasi Pasar Induk Kramat­jati Minto mengatakan, permin­taan buah-buahan di bulan Ramadan meningkat.

Penye­bab­­nya, karena kebiasaan mas­yara­k­at muslim menyajikan menu takjil saat berbuka puasa. ”Baru kali ini pasokan buah jenis blewah tinggi. Belum pernah terjadi pasokan buah blewah di Pasar Induk Kramatjati sampai 524 ton,” kata Minto.

Menurut Minto, biasanya pasokan buah datang di kisaran 300-350 Ton. Akibatnya, paso­kan yang melimpah, kini harga buah blewah pun mengalami penurunan. ”Tu­run­­nya enggak begitu drastis, hanya Rp500 per kilogram. Seka­rang harga buah blewah Rp3.500 per kilogram,” terang Minto.

Ia menuturkan, pasokan buah blewah ke Pasar Induk Krama­tjati berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ia me­nam­bahkan, jenis buah lainnya yang harganya turun, di anta­ranya buah labu parang atau waluh.

Harga waluh berkisar Rp3.500 per kilogram. ”Harga buah yang relatif naik, yakni pisang untuk jenis takjil seperti pisang tanduk dan pisang uli,” ujarnya.(nas/cr2)