25 radar bogor

Bermula dari Madrasah Ibtidaiyah

PERLUAS: Moch Alwi, pendiri sekaligus pengelola, menunjukkan lahan yang sedang dibangun untuk memperluas ponpesnya.

Pesantren ini dirintis sejak 1998. Pendirinya sendiri adalah Mochammad Alwi, yang merupakan perintis pertama juga pengelola sekaligus sebagai pengajar. Bertempat di Jalan KH Muhidin, Kampung Bubulak Santri, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor.

Awal merintis, Alwi mendirikan madrasah ibtidaiyah (MI) dan madrasah diniyah (MD). Tapi karena dituntut perkembangan zaman, didirikanlah pesantren ini.
”Awalnya pesantren ini hanya mempunyai tanah wakaf sekitar 197 m2.

Karena tuntutan zaman dan kebutuhan, akhirnya dengan usaha pengelola mencari dana, baik secara pribadi atau donatur, kita perluas lahan sampai sekarang itu sudah hampir di atas 3.000 m2,” bebernya.

Sambung Alwi, bermula dari MI atau MD lalu dikembangkan dengan mendirikan RA (TK Islam), kemudian pada 2013 berbarengan dengan mendirikan ponpes juga membuka SMP Modern Al-Alawiyah.

Kemudian pada 2016 juga membuka SMK Modern Al-Alawiyah. “Karena pesantren ini memang programnya enam tahun, sebagai pengikatnya adalah SMP dan SMK,” tuturnya.

Masih kata Alwi, para pengajarnya dikombinasi, dari yang berlatar belakang sekolah formal dan pesantren, juga yang punya keahlian tertentu di bidang sekolah formal, dan mereka yang memang ahli dalam ilmu kepesantrenan.

Secara keseluruhan, jumlah santri di pesantren ini mencapai 300 santri. Tapi, yang tinggal menetap hanya sekitar 90 orang.

Pesantren Modern Al-Alawiyah saat ini sedang menambah sarana dan prasarana. Karena lokasi yang pertama lahannya cukup terbatas, maka saat ini sedang mengembangkan di lahan baru.

Kebetulan ada dua yang mewakafkan lahan ini, yang pertama wakaf sekitar 1.450 m, lalu sekitar 371 m, dan lainnya hasil usaha pendiri. Alwi pun tak menutup pintu bagi siapa pun donatur yang ingin memberikan bantuannya untuk kemajuan pesantren ini.

“Apalagi di bulan suci Ramadan, amal ibadah kita akan dilipatgandakan. Semoga siapa pun yang memberikan akan menjadi amalan soleh yang berbalas limpahan pahala dari Allah SWT,” harapnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mendukung Gerakan Rp10.000 untuk pembangunan dan pengembangan Ponpes Al-Alawiyah Bogor dengan hashtag #Rama­dha­nPa­hala­Akan­Dilipat­kandakan.

“Caranya, transfer ke BRI No Rekening 7223-01-005276-53-2 a.n Pondok Pesantren Modern Al-Alawiyah Hp 08170122401. Mohon bantuan untuk mengajak yang lainnya #syukron,” imbaunya. (cr4/c)