25 radar bogor

Ayo Buruan Daftar! Ada Jatah 130 Ketua OSIS SMA masuk IPB Tanpa Tes

SERIUS: Pelamar di Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun ini jumlahnya meningkat 13 persen dibanding tahun lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jika anda memiliki adik, anak atau keponakan yang pernah menjadi ketua OSIS selama SMA dan berminat melanjutkan ke bangku kuliah, segera daftarkan ke Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pasalnya, tahun ini IPB mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi Ketua OSIS yang memenuhi syarat akademik sebagai mahasiswa IPB.

Dikutip dari laman Admisi IPB, skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon pemimpin baik pemimpin nasional, daerah, perusahaan maupun penggerak masyarakat yang memimpin dengan pendekatan scientific, atau menerapkan scientific based leadership.

Pada tahun ini, IPB mengalokasikan 130-160 tempat dari kuota total 4.000 mahasiswa untuk jalur Mandiri, khusus bagi Ketua OSIS. Proses seleksi akan dilakukan dengan seksama agar calon yang diterima memenuhi karakteristik seperti disebutkan di atas. Pendaftaran dibuka mulai 1 April – 1 Juni 2018.

Berikut Kualifikasi dan Persyaratan Lamarannya :

1. Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA, yang di perkuat dengan surat Pernyataan Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode.

2. Lulusan tahun 2018 jurusan IPA.

3. Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80.

4. Mengajukan lamaran kepada Rektor IPB dengan menyertakan Biodata dan kegiatan selama menjadi Ketua Osis yang diketahui oleh Kepala Sekolah.

5. Membuat Sinopsis Kontribusi untuk Pembangunan Indonesia di masa mendatang, bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

Periode Pendaftaran

1. Lamaran harap dikirimkan dengan amplop tertutup dan di sebelah kanan atas ditulis “Lamaran Jalur Ketua Osis” kepada Rektor IPB cq  Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB, Dramaga Bogor, 16680,  mulai 1 April – 1 Juni 2018 (cap pos).

2. Berkas lamaran dimasukkan ke dalam satu amplop dan dikirimkan melalui pos ke alamat:

Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru IPB Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt.1 Kampus IPB Dramaga Bogor-Jawa Barat 16680.

Berkas Lamaran terdiri atas:

1. Surat Pernyataan Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah/sedang menjadi Ketua OSIS.

2. Surat lamaran dari siswa yang ditujukan kepada Rektor IPB.

3. Fotocopy raport SMA IPA semester 1-5 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.

5. Biodata dan kegiatan selama menjadi Ketua OSIS yang diketahui oleh Kepala Sekolah, serta menyebutkan PROGRAM STUDI di IPB yang dituju (maksimal dua pilihan) dan mencantumkan alamat yang dapat dijangkau oleh pos dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

6. Membuat synopsis dengan tema kontribusi untuk pembangunan Indonesia di masa mendatang, tidak lebih dari 5 halaman A4 diketik dengan huruf Arial font 11, jarak antar baris 1.5 spasi.

Pengumuman Hasil

Seleksi calon mahasiswa jalur Mandiri, undangan khusus bagi ketua OSIS akan dilaksanakan selama periode 2 Juni-8 Juli, dan akan diumumkan pada 9 Juli 2018 melalui website admisi IPB dan surat pemberitahuan ke alamat pelamar. (ysp)