25 radar bogor

Sampah Plastik Dijadikan BBM

SEMANGAT: Anggota Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor, Een Irawan Putra menjelaskan program pelestarian lingkungan, kemarin.

BOGOR–RADAR BOGOR, Sampah juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Hal itulah yang mendorong Get Plastic dan Komunitas Peduli Ciliwung gencar sosialisasi.

”Sampah plastik ini dapat diolah dengan sangat ramah karena tidak menimbulkan pencemaran. Hasilnya juga cukup bagus, 1 kilogram sampah plastik menjadi 1 liter BBM dan gas yang bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor,” ujar relawan Komunitas Peduli Ciliwung, Parno Kartosomo kemarin (19/5).

Ia mengatakan, nantinya bahan bakar ini yang akan digunakan sebagai BBM Vespa yang akan digunakan roadshow dari Jawa-Bali.

”Teknologi yang relatif sederhana dibuat teman-teman Get Plastic ini, tepat untuk mengurangi sampah plastik yang semakin gila,” katanya di lapangan SDN Sempur Kaler.

Sementara itu, Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman menuturkan, sampah banyak ragamnya dari berbagai sumber seperti rumah tangga, pasar, pabrik, dan alam.

”Pemerintah melaui program 3 R-nya juga sudah melakukan upaya pamanfaatan, penggunaan sampah plastik melalu bank sampah atau TPS 3 R itu sendiri,” tuturnya.(nal)