25 radar bogor

Ecovillage Garap Kampung Cibolang

ANDIKA/RADAR BOGOR KERJA SAMA: Empat kader Ecovillage Berseka Banjarwangi mengecat ban bekas untuk dijadikan fasilitas dan sarana.

CIAWI –RADAR BOGOR, Mimpi masyarakat Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, membuat ecovillage atau desa berbudaya lingkungan, sepertinya tak main-main. Belakangan ini mereka tengah konsen menggarap Kampung Cibolang di wilayah RW 05, sebagai salah satu basis kampung hijau berbudaya lingkungan.

Ketua RT 03 Khoerudin (34) yang juga salah satu kader ecovillage, menjelaskan, langkah yang harus dimulai untuk mengembangkan desa berbudaya lingkungan adalah dengan memberikan pemahaman dan pembinaan kepada masyarakat.

“Pembinaannya di lapangan, bukan di pelatihan seperti di hotel. Alhamdulillah, kami memiliki seorang fasilitator dan penggerak yang selalu siap membina dan mengarahkan. Misi utama ecovillage, mengubah perilaku masyarakat agar peduli lingkungan,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Khoerudin meneruskan, setelah melalui berbagai pendampingan dan pembinaan, langkah berikutnya adalah menggerakkan masyarakat dengan membuat satu kampung percontohan.

”Kami di sini sudah membangun saung ecovillage, kemudian penanaman pohon sepanjang jalan, pot artistik dari ban bekas yang kami cat, pengembangan budidaya ikan hias di selokan, dan akan kami bangun gapura besar sebagai landmark untuk ecovillage kami,” jelasnya.

Sementara itu, Rina Sampurna (38) salah satu kader ecovillage, mengatakan bahwa pengembangan itu semua murni atas swadaya kader ecovillage Banjarwangi.

”Belum ada bantuan pemerintah. Semua murni inisiatif kami. Jerih payah kami,” paparnya.

Terpisah, Ketua Ecovillage Banjarwangi Nurhayati mengatakan, pengembangan Cibolang sebagai kampung hijau adalah prototipe untuk kampung-kampung lainnya.

“Ke depannya akan kami kembangkan ke wilayah lain. Ini langkah awal kami dalam membangun desa berbudaya lingkungan di Banjarwangi,” pungkasnya.(dka)