Beranda Metropolis

Peroleh Ilmu Penyelamatan Diri

BERBAGI
PELATIHAN: Mahasiswa Unpak dan warga diberikan pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

BOGOR–RADAR BOGOR,Sebagai laboratorium pelayanan masyarakat, baik mahasiswa maupun umum, Laboratorium Service FMIPA UNPAK terus meningkatkan pelayanan. Salah satunya dengan menggelar pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

“Pelatihan ini sangat penting dalam meningkatkan kompetensi laboratorium, untuk menunjang keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium,” ujar Ketua Panitia Pelatihan K3, Diana Widiastuti.

Pelatihan K3 tersebut, kata dia, menyasar masyarakat umum dan mahasiswa. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kerja sama Laboratorium Service FMIPA UNPAK dengan Bidang Pemadam Kebakaran Kota Bogor, PT Merck dan Ohaus Indonesia.

Diana menuturkan, pelatihan K3 diawali dengan pemberian teori dan praktik mengenai penanganan dan keamanan alat di laboratorium. Kemudian, dilanjutkan dengan pemberian teori dan praktik pemadaman api oleh Bidang Pemadam Kebakaran Kota Bogor.

“Dari mulai teknik konvensional hingga menggunakan Apar (alat pemadam api ringan),” bebernya.

Sementara, salah satu peserta, Naufan dari Bandung, mengaku pelatihan K3 ini sangat berman­faat terutama dalam dunia kerja. Karena dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap segala aspek bahaya.

“Juga dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja terutama di laboratorium,” imbuhnya.(ran/c)

Komentar Anda

Baca Juga