25 radar bogor

Ngabuburit Seru di Pameran Seni Botani

ilustrasi

BOGOR–RADAR BOGOR,Kalau Anda berencana ngabuburit, tidak ada salahnya jika mencoba datang ke pameran seni botani ragam flora Indonesia di gedung Samida Kebun Raya Bogor.

Pameran hasil kolaborasi Indonesian Society of Botanical Artists (IDSBA) dengan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-LIPI ini akan berlangsung hari ini (18/5) sampai 20 Mei mendatang.

Sebanyak 60 lukisan flora asli Indonesia dan kompilasi Botanical Art Worldwide berupa slideshow 800 karya seni botani dari 25 negara akan ditampilkan. Diadakan pula workshop pada 19 Mei dengan menghadirkan perupa botani Eunike Nugroho, Deskamtoro, dan Ananda Firman.

Perwakilan IDSBA, Deinitisia Amarawi mengatakan, pameran ini merupakan ajang global yang diusung Botanical Art Worldwide untuk merayakan Hari Seni Botani Sedunia.

“Selain pameran, akan ada diskusi mengenai seni dan ilmu botani, demo melukis dan workshop. Demo melukis itu serentak di 25 negara,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (17/5).

Selain 60 lukisan asli dari 35 seniman Indonesia dan mancanegara yang dipamerkan, sebanyak 33 peserta demo melukis yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia akan melukis aneka macam flora Indonesia.

Dia menjamin, apa yang ditampilkan nanti bukan hanya indah, tapi juga akan membuka wawasan tentang kekayaan flora asli Indonesia. Mulai dari puluhan anggrek spesies, tumbuhan merambat liana, kantong semar (Nepenthes) sampai puspa langka, Rafflesia arnoldi.

“Ada juga lukisan botani raksasa Titan Arum yang dilukis sesuai ukuran sebenarnya setinggi 2,4 meter,” bebernya.

Tentu kesempatan ini akan sayang dilewatkan. Sebab, kapan lagi ada kesempatan untuk swafoto dengan bunga bangkai raksasa tanpa harus mengendus baunya. Panitia juga memastikan bahwa pameran ini gratis.

“Kami pastikan kegiatan ini akan fun. Ini juga sebagai hiburan, untuk mengisi kekosongan agenda sembari menunggu azan magrib untuk berbuka puasa,” ucapnya. Adapun, pameran ini dibuka mulai pukul 08.00–16.30 WIB. (ran/c)